Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jokowi Disarankan Cari Cawapres yang Beda Karakter

Ekonom Universitas Indonesia (UI) Faisal Basri mengatakan sosok yang paling pas untuk mendampingi bakal calon presiden PDIP Joko Widodo adalah yang bukan merupakan duplikat Jokowi.
Annisa Sulistyo Rini
Annisa Sulistyo Rini - Bisnis.com 20 April 2014  |  21:00 WIB
Jokowi -
Jokowi -

Bisnis.com, JAKARTA - Ekonom Universitas Indonesia (UI) Faisal Basri mengatakan sosok yang paling pas untuk mendampingi bakal calon presiden PDIP Joko Widodo adalah yang bukan merupakan duplikat Jokowi. 

"Jokowi harus cari pendamping yang karakteristiknya tidak mirip dengan dia. Selain itu. sang calon pendamping haruslah memiliki basis penguasaan masalah yang luas," tutur Faisal di Galeri Cafe Taman Ismail Marzuki, Jakarta, Minggu (20/4/2014). 

Contoh kriteria yang pas misalnya, lanjut Faisal, adalah sosok yang pernah menangani BUMN, perusahaan swasta, ahli menangani bencana, civil society yang kuat, dan jaringannya luas. "Kalau bisa jangan dari partai politik, nanti yang satu bisa iri," tambahnya. 

Namun, Faisal tak mengharamkan jika nanti pengisi posisi menteri di kabinet yang akan dibangun Jokowi jika menjadi presiden berasal dari partai politik. 

"Jangan salah orang profesional banyak yang dari partai politik, yang penting kompeten di bidangnya. Yang penting memiliki kemampuan menguasai bidangnya, jadi tidak diharamkan menteri dari parpol," tandasnya. 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jokowi capres 2014
Editor :

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top