Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Obama Nilai Invasi Rusia Atas Krimea Langgar Aturan Internasional

Presiden AS Barack Obama mengatakan aneksasi Rusia atas Crimea bukanlah "langkah terakhir" petualangan Rusia sebagai sebuah "kekuatan regional" yang mengancam negara tetangga yang lemah.

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden AS Barack Obama mengatakan aneksasi Rusia atas Krimea bukanlah "langkah terakhir" petualangan Rusia sebagai sebuah "kekuatan regional" yang mengancam negara tetangga yang lemah.

Pernyataan itu disampaikannya setelah menghadiri pertemuan tingkat tinggi di Den Hag Belanda kemarin. Menurut Obama, langkah militer yang diambil Rusia di Ukraina telah melanggar aturan internasional.

"Kami memiliki pengaruh yang kuat terhadap negara tetangga, namun kami tidak perlu menginvasi mereka,” ujar Obama menyindir tindakan Rusia yang masuk dan menguasai wilayah Krimea yang menjadi bagian wilayah Ukraina.

Menurutnya, untuk mendapatkan pengaruh dan kerja sama, satu negara tidak perlu menginvasi negara lain.

Obama menolak klaim Presiden Rusia Vladimir Putin bahwa para juru runding negara itu diancam di Krimea dan wilayah Ukraina lainnya. Obama juga menolak analogi yang disebutkan Putin bahwa nasib rakyat di Krimea sama dengan nasib rakyat Kosovo yang dibantai oleh pemerintahnya sendiri.

"Ketika saya dengar analogi Kosovo, saat ribuan orang dibantai pemerintahnya, maka analogi itu sangat tidak berdasar,” ujar Obama sebagaimana dikutip Aljazeera.com, Rabu (26/3/2014).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Yusran Yunus
Sumber : aljazeera.com
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper