Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kemenko Perekonomian Gelar Workshop Terkait Sistem Logistik

Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Menggelar workshop penyusunan model sistem logistik daerah dalam kawasan pengembangan ekonomi terpadu (Kapet). Deputi Bidang Koordinasi Industri, Inovasi Teknologi dan Kawasan Ekonomi Kemenko Ekonomi Edi Putra Irawan mengatakan ada 13 Kapet yang dibentuk di Indonesia dengan tujuan untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi daerah.
 Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com

Bisnis.com, BALIKPAPAN - Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Menggelar workshop penyusunan model sistem logistik daerah dalam kawasan pengembangan ekonomi terpadu (Kapet).

Deputi Bidang Koordinasi Industri, Inovasi Teknologi dan Kawasan Ekonomi Kemenko Ekonomi Edi Putra Irawan mengatakan ada 13 Kapet yang dibentuk di Indonesia dengan tujuan untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi daerah.

Kawasan pengembangan ekonomi terpadu tersebut, yakni satu Kapet di Indonesia bagian barat dan 12 Kapet di Indonesia bagian timur yang sudah dibentuk.

"Ini karena pemerintah berupaya agar pertumbuhan ekonomi di Indonesia bagian timur bisa dipercepat," ujarnya dalam sambutannya, Senin (24/3/2014).

Menurut dia, pengembangan Kapet tersebut dititik-beratkan pada potensi ekonomi dari masyarakat setempat yang diperkirakan dapat mendukung pengembangan wilayah sekitarnya, sehingga perlu perluasan kegiatan pengolahan sumber daya alam di luar Pulau Jawa.

Dia menjelaskan penyusunan model sistem logistik daerah di Kapet diperlukan agar tujuan yang ingin diharapkan dalam kawasan ini dapat tercapai.

“Selama ini, biaya logistik di Indonesia masih cukup tinggi dibandingkan dengan negara lain.”

Dia berharap melalui workshop ini ada penguatan koordinasi dan sinergi dukungan dari kementerian, pemerintah daerah, pelaku usaha ataupun pemangku kepentingan lainnya. Dengan demikian, revitalisasi Kapet akan tercapai, sehingga pengembangan daerah bisa terjadi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Nurbaiti
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper