Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Debat Capres Konvensi Demokrat Vs Konvensi Rakyat, Ini Program 'Trisakti' Isran Noor

Pemimpin negara perlu memprioritaskan program 'trisakti', yakni kedaulatan dan kemandirian pangan, kemandirian energi, serta penegakan hukum yang tegas dan konsisten.
Debat Capres Konvensi Rakyat Vs Konvensi Demokrat/Antara
Debat Capres Konvensi Rakyat Vs Konvensi Demokrat/Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Pemimpin negara perlu memprioritaskan program 'trisakti', yakni kedaulatan dan kemandirian pangan, kemandirian energi, serta penegakan hukum yang tegas dan konsisten.

Isran Noor, Capres Konvensi Rakyat, menjelaskan selama ini Indonesia inginnya cepat hasil, tanpa mau berproses. Sebaliknya, Indonesia harus  mengoptimalkan dahulu potensi yang ada, jangan sebentar impor.

Dia mengatakan itu dalam acara Debat Capres bertema Masalah Ekonomi, Kesejahteraan Rakyat, dan Penegakan Hukum, Jumat (7/3). Acara tersebut menghadirkan Capres Konvensi Rakyat yakni Isran Noor, Yusril Ihza Mahendra, dan Rizal Ramli, serta Capres Konvensi Partai Demokrat. Anies Baswedan, Gita Wirjawan, dan Ali Masykur.

"Pada masa lalu Indonesia pernah swasembada beras. Dia optimistis Indonesia bisa mengulang masa kejayaan itu. Banyak lahan menganggur, khususnya di luar Jawa. Kita optimalkan lahan itu, dan ditanam sesuai dengan jenis tanaman yang cocok. Kalau ada komoditas yang tidak bisa ditanam, barulah kita impor,” tegasnya.

Isran Noor menjelaskan sebenarnya tidak sulit untuk mencapai kedaulatan dan ketahanan pangan serta energi, karena Indonesia memiliki potensi yang besar.

Dia mencontohkan saat ini ada 42 juta ha lahan tersedia. Kalau dari jumlah itu 60% digunakan produksi, mampu menyerap sekitar 35 juta tenaga kerja. Kalau daari satu tenaga kerja membiayai 1 istri dan 2 anak, maka 105 juta orang tercukupi.

Isran yang juga Ketua Umum Asosiasi Pemerintahan Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) itu menambahkan masalah kedaulatan dan ketahanan energi juga bisa diraih, mengingat Indonesia memiliki potensi energi yang berlimpah.

"Selama ini kita terlalu fokus pada energi fosil. Padahal kita punya banyak potensi energi terbarukan, seperti panas bumi yang mencapai 40% dari potensi dunia, ada angin, matahari, dan lainnya. Ini yang belum dimanfaatkaan maksimal," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper