Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Desember, AS dan NATO Tarik Seluruh Pasukannya dari Afghanistan

Amerika Serikat dan sekutunya dari Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) menyatakan akan menarik seluruh pasukannya dari Afghanistan mulai Desember tanpa sebuah kesepakatan keamanan dengan pemerintah negara itu.
Pernyataan itu disampaikannya kemarin setelah bertemu dengan para menteri pertahanan NATO yang pasukan negaranya ditempatkan di  Afghanistan. /bisnis
Pernyataan itu disampaikannya kemarin setelah bertemu dengan para menteri pertahanan NATO yang pasukan negaranya ditempatkan di Afghanistan. /bisnis

Bisnis.com, JAKARTA—Amerika Serikat dan sekutunya dari Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) menyatakan akan menarik seluruh pasukannya dari Afghanistan mulai Desember tanpa sebuah kesepakatan keamanan dengan pemerintah negara itu.

“Makin lama kami tanpa kesepakatan keamanan bilateral dan kesepakatan atas status pasukan NATO, semakin sesulit bagi AS dan sekutunya menyiapkan misi pasca 2014 di Afghanistan,” ujar Menhan AS Chuck Hagel sebagaimana dikutip Bloomberg, Jumat (28/2/2014).

Pernyataan itu disampaikannya kemarin setelah bertemu dengan para menteri pertahanan NATO yang pasukan negaranya ditempatkan di  Afghanistan.

“Kami setuju pasukan aliansi harus memulai berbagai program di Afghanistan, namun tetap  harus ada dukungan pemerintah yang berkelanjutan untuk meneruskan misi, ujar Hagel.

Apakah pasukan asing tetap berada di Afghanistan setelah Desember untuk terus melatih pasukan lokal dan melanjutkan latihan kontra teroris akan tergantung dari kesepakatan dengan pemerintah dengan AS dan NATO, ujarnya menambahkan.

 


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Fatkhul Maskur
Sumber : Bloomberg
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper