Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Korban Gunung Kelud, Bantuan Fokus Perbaikan Rumah

Bantuan pascaerupsi Gunung Kelud untuk masyarakat yang menjadi korban mulai diarahkan ke fisik utamanya untuk melakukan pembenahan bangunan atap rumah yang rusak.
M. Sofi’I
M. Sofi’I - Bisnis.com 25 Februari 2014  |  17:51 WIB
Bandara tutup, Gunung kelud, gunung meletus, abu vulkanik
Bandara tutup, Gunung kelud, gunung meletus, abu vulkanik

Bisnis.com, MALANG - Bantuan pascaerupsi Gunung Kelud untuk masyarakat yang menjadi korban mulai diarahkan ke fisik utamanya untuk melakukan pembenahan bangunan atap rumah yang rusak.

Apriliyanto, koordinator logistik ke wilayah terdampak erupsi yang juga Sekretaris Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Malang, mengatakan bantuan terus mengalir kendati para pengungsi mulai kembali ke rumahnya di wilayah Pujon, Ngantang, dan Kasembon Kabupaten Malang.

“Bantuan utamanya dari pengusaha berupa air mineral, beras, dan mie instan terus mengalir. Namun, kami mulai mengarahkan ke bantuan yang sifatnya fisik yakni atap dari bahan seng untuk memperbaiki rumah warga yang rusak,” kata Apriliyanto kepada Bisnis, Selasa (25/2/2014).

Petugas sengaja melarang memberikan bantuan berupa asbes gelombang, karena sejumlah pertimbangan tertentu di antaranya kandungan pada asbes gelombang mengandung bahan yang memicu terhadap ancaman kanker. Selain itu, juga karena pertimbangan lebih rentan rusak jika dibandingkan dengan seng.

Kendati bantuan fisik lainnya seperti semen dan genting juga diperlukan. Namun, khusus untuk genting juga perlu dipertimbangkan alasan yakni ukuran genting yang dikhawatirkan tidak sama. Karena hampir sebagian besar atap rumah warga rusak akibat abu vulkanik Gunung Kelud.

“Jika genteng beda ukuran atau bentuk maka akan berisiko karena terpaksa harus dibongkar seluruhnya. Sementara kita saat ini fokus pada perbaikan atap,” jelas dia.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

gunung kelud
Editor : Sepudin Zuhri
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top