Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gunung Sinabung Erupsi: 8 Tewas Kena Awan Panas

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menemukan adanya delapan warga di Kabupaten Karo yang tewas akibat terkena awas panas yang ke luar dari erupsi gunung Sinabung
 Gunung Sinabung/Bisnis
Gunung Sinabung/Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA—Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menemukan adanya delapan warga di Kabupaten Karo yang tewas akibat terkena awas panas yang ke luar dari erupsi gunung Sinabung.

Dalam pesan singkat yang diterima di Medan, Sabtu sore (1/2/2014) seperti dikutip Antara, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan empat korban tewas  telah diketahui identitasnya.

Sedangkan identitas empat korban tewas lainnya masih dalam proses identifikasi di RS Umum Kabanjahe.

Empat korban tewas yang identitasnya telah diketahui adalah Alexander Sembiring, Daud Surbakti, Dipa Nusantara, dan David yang keseluruhannya berstatus pelajar SMA Brastagi.

Dalam peristiwa tersebut, korban sedang jalan-jalan untuk melihat perkembangan Gunung Sinabung di Desa Suka Meriah.

Namun ketika berada di Desa Suka Meriah, korban dilintasi awan panas karena desa tersebut merupakan lintasan awan panas. Mengingat dalam radius 3 Km dari Gunung Sinabung.

Pihaknya memperkirakan jumlah korban tewas akibat awan panas di desa tersebut masih ada, tetapi belum dapat dievakuasi.

Kondisi itu disebabkan Desa Suka Meriah masih memiliki potensi susulan awan panas yang dikeluarkan dari proses erupsi Gunung Sinabung.

"Tim SAR gabungan untuk sementara belum dapat mengevakuasi korban. PVMBG menyatakan bahwa susulan awan panas masih berpotensi terjadi sehingga evakuasi dihentikan," katanya.

Pihaknya menyesalkan adanya warga yang tetap masuk dalam radius 5 Km dari gunung Sinabung yang masih memiliki kerawanan.

Padahal tim satgas penanganan erupsi Gunung Sinabung telah banyak memasang rambu-rambu berisi larangan, termasuk sosialisasi dan penempatan petugas di jalan masuk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper