Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mau Beasiswa di Belanda? Ini Info Lengkapnya

Beasiswa StuNed (Study in the Netherlands) kembali menawarkan kesempatan kepada pelajar Indonesia yang berprestasi untuk program S2, dan kursus singkat di Belanda
/Ilustrasi
/Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA - Beasiswa StuNed (Study in the Netherlands) kembali menawarkan kesempatan kepada pelajar Indonesia yang berprestasi untuk program S2, dan kursus singkat di Belanda.

Untuk seleksi 2014 ini, perhatian khusus diberikan kepada para pelajar berprestasi, yang memiliki rencana studi di area-area yang berkaitan dengan kerja sama bilateral Indonesia dan Belanda, yang meliputi bidang ekonomi, hak asasi manusia (HAM), ketahanan pangan, pengelolaan air, dan peradilan.

Selain itu, para kandidat juga harus sudah bekerja pada institusi yang berkaitan dengan area prioritas kerja sama bilateral kedua negara.

StuNed adalah program beasiswa bilateral antara Belanda dan Indonesia, yang bertujuan untuk membantu pembangunan di Indonesia melalui penguatan sumber daya manusia. Sejak 2000, StuNed memberikan rata-rata 250 beasiswa penuh per tahun.

Indy Hardono, Koordinator Tim Beasiswa StuNed, mengatakan untuk memperoleh beasiswa tersebut dilihat dari penilaian prestasi, terutama didasarkan pada nilai akademis (IPK) program S1, dan atau  pencapaian karir selama bekerja.

Dia menjelaskan panitia seleksi StuNed akan memilih pelajar Indonesia terbaik, yang memiliki potensi memberikan kontribusi untuk pembangunan negeri ini, dan hubungan bilateral Indonesia & Belanda.

Batas waktu aplikasi adalah 15 Maret 2014 untuk Program Master, dan 1 Maret 2014 untuk Program Kursus Singkat.  

“Untuk mendaftar beasiswa StuNed ini, pelamar harus memiliki surat penerimaan dari universitas di Belanda,” kata Indy dalam siaran persnya hari ini, Kamis (16/1/2014).

Dia menyarankan calon pelamar harus segera mendaftar ke universitas di Belanda yang dituju, untuk mendapatkan Unconditional Letter of Aceptance, yang menjadi syarat untuk  melamar beasiswa StuNed.

Untuk informasi lebih lanjut tentang StuNed dan program studi di Belanda, katanya, dapat diakses melalui website www.nesoindonesia.or.id/stuned, atau menghubungi staf StuNed untuk menerima konseling gratis.

Indy juga menuturkan Nuffic Neso Indonesia, organisasi non-profit yang ditunjuk resmi dan didanai oleh pemerintah Belanda, untuk menangani berbagai hal yang berkaitan dengan pendidikan tinggi di negara tersebut, akan mengadakan Holland Scholarship Day, pada Senin, 20 Januari 2014.

“Nuffic Neso Indonesia akan memberikan informasi lengkap mengenai beasiswa StuNed, dan program beasiswa lainnya di acara Holland Scholarship Day,” ungkapnya.

Untuk menghadiri acara Holland Scholarship Day ini, lanjutnya, peserta wajib mendaftar melalui email [email protected], atau  [email protected]

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rahmayulis Saleh
Editor : Nurbaiti
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper