Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Proyek tol di Sumsel Mangkrak Terkendala Dana & Izin

Sejumlah proyek jalan tol di Sumsel masih terkendala pendanaan dan perizinan, termasuk proyek Tol PalembangIndralaya yang merupakan salah satu ruas dari Trans Sumatra.
Jalan tol/Bisnis.com
Jalan tol/Bisnis.com

Bisnis.com, PALEMBANG - Sejumlah proyek jalan tol di Sumsel masih terkendala pendanaan dan perizinan, termasuk proyek Tol Palembang–Indralaya yang merupakan salah satu ruas dari Trans Sumatra.

Kepala UPTD Tata Ruang Bappeda Sumsel Regina Ariyanti mengatakan sampai saat ini pihaknya masih menunggu penerbitan Peraturan Presiden yang menjadi payung hukum penyertaan modal negara untuk pembangunan proyek Palembang-Indralaya.

“Kami masih menunggu Perpres. Selain itu proses perizinan di pusat juga tergolong lambat untuk ruas tol yang bersifat inisiatif daerah,” katanya, Rabu (4/12/2013).

Dia mengemukakan perlu adanya percepatan dalam penetapan perpres untuk ruas jalan tol Palembang–Indralaya.

Dia menambahkan pihaknya juga masih menunggu izin trase dari Kementerian Pekerjaan Umum. Masalah lainnya menyangkut pembebasan lahan.

Menurut Regina, dari 10 ruas tol yang direncanakan baru 1 ruas yang telah bebas, yaitu ruas tol Jakabaring-Jejawi-Kayu Agung pada segmen Kayu Agung-Jakabaring. Sementara tol Palembang-Indralaya masih dalam proses pembebasan lahan.

“Untuk tol Palembang-Indralaya, tim Badan Pertanahan Nasional sudah membuat peta bidang lokasi pembangunan jalan tol dan baru terlaksana sekitar 3 km,” katanya.

Dia mengatakan pihaknya menargetkan lahan yang dibebaskan bisa mencapai 7 km pada tahun ini dan sisanya sektiar 15 km lagi pada 2014.

Selain Palembang-Indralaya, Sumsel juga memiliki proyek jalan tol untuk ruas Kayu Agung-Palembang-Betung. Saat ini, lanjut dia, pembebasan lahan mulai dilaksanakan untuk section 1 tol tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dinda Wulandari
Editor : Sepudin Zuhri
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper