Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Balikpapan Kekurangan Semen Curah, Semen Eceran Aman

Rachmad Subiyanto
Rachmad Subiyanto - Bisnis.com 25 November 2013  |  17:31 WIB

Bisnis.com, BALIKPAPAN - Pasokan semen curah di Balikpapan sejak bulan lalu mengalami kekurangan seiring dengan besarnya kebutuhan proyek khususnya yang memerlukan beton pracetak.

Asisten Bidang Ekonomi, Pembangunan, dan Kesejahteraan Rakyat Setdakot Balikpapan Sri Soetantinah mengatakan informasi tersebut ia peroleh dari lapangan utamanya dari proyek-proyek besar yang sedang dikerjakan pemerintah.

Dia mencontohkan kebutuhan semen untuk beton pracetak di Stadion Balikpapan hanya mampu disuplai separuh dari kebutuhan mencapai 430 kubik per hari.

“Memang ada kekurangan pasokan. Kemungkinan memang masalah kuota dari pabrikan tapi kami masih pelajari,” ujarnya kepada wartawan, Senin (25/11/2013).

Sri mengaku sudah menginformasikan hal ini kepada pabrikan semen agar pasokan semen curah bisa ditambah. Hanya saja, kemungkinan tambahan pasokan tidak bisa serta merta direalisasikan karena perlu menyesuaikan dengan indikator lainnya seperti kapasitas produksi.

Kekurangan pasokan ini kemungkinan akan sedikit menyendat progress pekerjaan proyek di lapangan. Kendati demikian, Sri belum bisa memperkirakan lamanya waktu gangguan pasokan ini terjadi.

Adapun untuk semen dalam kemasan, katanya, pasokan tetap lancar dan tidak ada masalah seperti yang pernah terjadi dua tahun yang lalu. “Kalau semen kemasan tidak masalah, permasalahan pasokan hanya terjadi di semen curah,” katanya.

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Kota Balikpapan Doortje Marpaung mengatakan belum ada laporan mengenai kekurangan pasokan semen dalam kemasan. “Kekurangan pasokan belum ada. Demikian juga dengan kenaikan harganya. Itu hasil pantauan kami pekan lalu,” tambahnya. 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

semen balikpapan
Editor : Sutarno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top