Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bisnis.com, BALIKPAPAN - Pasokan semen curah di Balikpapan sejak bulan lalu mengalami kekurangan seiring dengan besarnya kebutuhan proyek khususnya yang memerlukan beton pracetak.

Asisten Bidang Ekonomi, Pembangunan, dan Kesejahteraan Rakyat Setdakot Balikpapan Sri Soetantinah mengatakan informasi tersebut ia peroleh dari lapangan utamanya dari proyek-proyek besar yang sedang dikerjakan pemerintah.

Dia mencontohkan kebutuhan semen untuk beton pracetak di Stadion Balikpapan hanya mampu disuplai separuh dari kebutuhan mencapai 430 kubik per hari.

“Memang ada kekurangan pasokan. Kemungkinan memang masalah kuota dari pabrikan tapi kami masih pelajari,” ujarnya kepada wartawan, Senin (25/11/2013).

Sri mengaku sudah menginformasikan hal ini kepada pabrikan semen agar pasokan semen curah bisa ditambah. Hanya saja, kemungkinan tambahan pasokan tidak bisa serta merta direalisasikan karena perlu menyesuaikan dengan indikator lainnya seperti kapasitas produksi.

Kekurangan pasokan ini kemungkinan akan sedikit menyendat progress pekerjaan proyek di lapangan. Kendati demikian, Sri belum bisa memperkirakan lamanya waktu gangguan pasokan ini terjadi.

Adapun untuk semen dalam kemasan, katanya, pasokan tetap lancar dan tidak ada masalah seperti yang pernah terjadi dua tahun yang lalu. “Kalau semen kemasan tidak masalah, permasalahan pasokan hanya terjadi di semen curah,” katanya.

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Kota Balikpapan Doortje Marpaung mengatakan belum ada laporan mengenai kekurangan pasokan semen dalam kemasan. “Kekurangan pasokan belum ada. Demikian juga dengan kenaikan harganya. Itu hasil pantauan kami pekan lalu,” tambahnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Sutarno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper