Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

7.800 Pemilih Lubuk Linggau Terancam Dihapus dari DPT

Sekitar 7.800 pemilih di Kota Lubuk Linggau, Sumatra Selatan terancam dihapus dari daftar pemilih tetap (DPT) karena bermasalah
News Editor
News Editor - Bisnis.com 20 November 2013  |  07:15 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Sekitar 7.800 pemilih di Kota Lubuk Linggau, Sumatra Selatan terancam dihapus dari daftar pemilih tetap (DPT) karena bermasalah.

"Pemilih yang masuk dalam DPT sebanyak itu, ditemukan tidak memiliki nomor induk kependudukan dan nomor kartu keluarga," kata Divisi Teknis Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lubuk Linggau Topandri, seperti dikutip Antara, Rabu (20/11/2013).

Berdasarkan hasil pemeriksaan melalui program Sistem Informasi Data Pemilih (Sidalih) dan hasil pertemuan dengan KPU Sumatra Selatan, lanjutnya, ditemukan 7.800 dari puluhan ribu pemilih tetap di wilayah itu.

"Sekarang tinggal bagaimana langkah-langkah untuk mengantisipasi persoalan tersebut, supaya masih bertahan dalam DPT," ujarnya.

Bila sebanyak 7.800 pemilih tersebut dihapus dari DPT, katanya, jumlah pemilih pada Pemilu 2014 di Kota Lubuk Linggau akan berkurang.

Persolan tersebut, kata dia, bisa memancing situasi politik yang tidak kondosuif karena dari 7.800 suara bisa mendapatkan tiga kursi di DPRD Lubuk Linggau pada Pemilihan Legislatif 2014.

Untuk mencarikan jalan keluarnya, KPU setempat akan berkoordinasi dengan Wali Kota Lubuk Linggau S.N. Prana Putra Sohe dan jajaran terkait lainnya.

Menurutnya, pihak yang paling berwenang tentang NIK dan NKK di Pemerintah Kota Lubuk Linggau adalah Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, tetapi tetap berkoordinasi dengan wali kota.

Hal itu diketahui setelah sebelumnya Panitia Pemilihan Umum Lubuk Linggau menemukan pemilih ganda dan tidak memiliki NIK yang masuk DPT.

"Dengan demikian panwaslu memerintahkan panitia pengawas kecamatan untuk melacak ke wilayah masing-masing yang masuk dalam DPT ganda tersebut," ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pemilu 2014 dpt pilkada ulang sumsel Kisruh DPT Pemilu 2014

Sumber : Newswire

Editor : Nurbaiti
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top