Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Monas Dibirukan Untuk Mengendalikan Diabetes?

Guna meningkatkan kepedulian dan menggalang komitmen lintas sektor serta masyarakat DKI Jakarta dalam pengendalian diabetes, Persatuan Diabetes Indonesia (Persadia) bekerjasama dengan PT Novo Nordisk Indonesia akan melakukan kegiatan Global Diabetes Walk 2013.
Puput Ady Sukarno
Puput Ady Sukarno - Bisnis.com 16 November 2013  |  01:32 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Guna meningkatkan kepedulian dan menggalang komitmen lintas sektor serta masyarakat DKI Jakarta dalam pengendalian diabetes, Persatuan Diabetes Indonesia (Persadia) bekerjasama dengan PT Novo Nordisk Indonesia akan melakukan kegiatan Global Diabetes Walk 2013.

"Global Diabetes Walk 2013 akan membirukan Monas. Tugu Monas sebagai salah satu ikon Indonesia, akan disinari dengan cahaya lampu warna biru seperti simbol warna diabetes," tutur Eugenia Siahaan, Direktur Eugenia Communication, selaku rekanan Persadia dan PT Novo Nordisk Indonesia, dalam  siaran persnya yang diterima Bisnis, Jumat (15/11/2013).

Dia mengatakan kegiatan membirukan salah satu ikon negara itu dalam rangka memperingati hari diabetes sedunia atau World Diabetes Day (WDD) yang diperingati setiap 14 November di seluruh dunia.

"Global Diabetes Walk merupakan puncak kegiatan WDD 2013 diselenggarakan di beberapa kota besar di Indonesia seperti Jakarta, Malang, Medan, Denpasar, Makasar, Yogyakarta," ujarnya.

Global Diabetes Walk di Jakarta tahun ini dipusatkan di Pantai Festival Taman Impian Jaya Ancol, Minggu, (17/11), pukul 06.30 – 09.30 wib.

"Sekitar 4.000 orang anggota Persadia se-Jabodeatabek akan memeriahkan berbagai acara seperti senam diabetes, gerak jalan, konsultasi diabetes, dll," ujarnya.

Seperti diketahui, salah satu penyakit endokrinologi yang paling besar jumlahnya yakni diabetes.

Saat ini, hampir terdapat sekitar 10 juta penderita diabetes di Indonesia dan diperkirakan akan terus meningkat seiring tren di seluruh dunia yang juga terus mengalami peningkatan, akibat gaya
hidup tidak sehat yang semakin meningkat pula.

Data Riset Kesehatan Dasar Nasional 2007 menyebutkan prevalensi penderita diabetes adalah sekitar 5,7%, dan dari sekitar jumlah tersebut hanya 1,5% yang mengetahui dirinya adalah
pengidap diabetes.

Adapun prevalensi diabetes di Indonesia pada 2013 telah meningkat sebesar 6,8% dan sebagian besar masih belum menyadari dirinya pengidap diabetes.

WHO memprediksikan bila tidak ada pola pengelolaan diabetes dengan baik, maka pada 2030 diperkirakan akan terdapat sekitar 21,3 juta orang dengan diabetes di Indonesia.

Pada peringatan WDD 2012, ikon atau simbol kebanggaan bangsa Indonesia yang disinari dengan cahaya biru (simbol diabetes)adalah Candi Prambanan, Yogyakarta. (c62)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

diabetes monas
Editor : Martin Sihombing

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top