Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Keraton Wedding: Sultan Dititipi Mawar Biru

Setelah prosesi tantingan kepada putri keempatnya selesai, Sri Sultan HB X mendatangi Kagungan Dalem Kasatriyan untuk bertemu dengan calon mantu.
Pamuji Tri Nastiti
Pamuji Tri Nastiti - Bisnis.com 21 Oktober 2013  |  22:21 WIB

Bisnis.com, YOGYAKARTA - Setelah prosesi tantingan kepada putri keempatnya selesai, Sri Sultan HB X mendatangi Kagungan Dalem Kasatriyan untuk bertemu dengan calon mantu. 

Dalam pertemuan singkat itu, Sultan didampingi permasuri GKR Hemas, para adik di antaranya KGPH Hadiwinoto dan GBPH Prabukusumo serta kerabat lainnya berkumpul di Bangsal Kasatriyan. 

Notonegoro tidak menyia-siakan kesempatan singkat dikunjungi Ngersa Dalem dengan menitipkan bunga mawar biru untuk disampaikan kepada calon istri, GKR Hayu di Bangsal Sekar Kedhaton. 

"Mbok ngomong i love you pa apa, salam mesra ngono [Sampaikan i love you atau apa, salam mesra, begitu]," kata Sultan menggoda calon mantu seusai menerima setangkai mawar itu. 

Mendengar komentar calon mertua, Notonegoro hanya tersenyum simpul tanpa menjawab. 

Sebelumnya, Sultan telah melakukan prosesi tantingan putrinya dengan menanyakan kesiapan untuk dinikahkan dengan pria asal Kudus itu. 

"Gusti Kanjeng Ratu Hayu, apa sliramu saguh tak dhaupake karo abdi ingsun, Kanjeng Pangeran Harya Notonegoro [GKR Hayu, apakah dirimu siap kunikahkan dengan KPH Notonegoro]," tanyanya. 

Mendengar pertanyaan ayahanda, GKR Hayu menjawab tegas "Injih sendiko," atau berarti "Iya, saya siap,". 

Setelah itu, GKR Hayu laku dhodhok ke arah Sultan dan melakukan sungkeman. 

Pada malam tantingan, keluarga mengenakan busana dominasi hijau dimana Sultan dengan baju taqwa motif ceplok warna hijau dan kuning kehijauan, di dampingi GKR Hemas mengenakan kebaya tangkeban hijau tua. 

Salah satu rangkaian acara pernikahan/kotajogja.com

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

keraton
Editor : Sepudin Zuhri
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top