Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Barack Obama: Kami Sudah Angkat Awan Ketidakpastian

Kongres AS menyetujui batas utang pemerintah AS dan mengakhiri shutdown sekaligus mengakhiri kebuntuan fiskal bangsa.
Barack Obama/Bloomberg
Barack Obama/Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA -  “Setelah perjanjian ini tiba di meja saya, saya akan menandatangani segera," kata Presiden AS Barack Obama Rabu malam (16/10/2013) di Gedung Putih. “Kami akan mulai membuka kembali pemerintah kita segera dan kami dapat mulai mengangkat awan ketidakpastian dari bisnis kami dan dari orang-orang Amerika."

Demikian sikap Obama pasca Kongres AS memutuskan untuk menghentikan shutdown pemerintah selama 16  hari dan menaikkan batas utang AS, mengakhiri kebuntuan fiskal bangsa.

DPR –total perbandingan suara 285 setuju -144 menolak--  sekarang memberikan Presiden Barack Obama untuk tanda tangan. Suara Republik terpecah dengan 87 mendukung dan 144 menentang. Adapun dari Partai Demokrat semua 198 anggota yang hadir menyatakan ya. Penetapan DPR ini tiga jam setelah Senat meloloskan RUU itu dengan suara 81 setuju dan 18 menentang.

“Obama berencana untuk menandatangani tagihan malam ini dan karyawan federal berharap untuk kembali bekerja besok,” kata Sylvia Mathews Burwell, director of the Office of Management and Budget, dalam sebuah pernyataan.

Perjanjian ini akan menempatkan pekerja federal kembali pada pekerjaannya, mencegah potensi default utang AS dan tidak membuat perubahan kebijakan utama yang dicari oleh Partai Republik. DPR tidak menyelesaikan jangka panjang mereka membagi pada kebijakan fiskal dan harus kembali ke masalah yang sama selama empat bulan ke depan .

Kebuntuan fiskal empat minggu dimulai saat Partai Republik menuntut defunding hukum perawatan kesehatan Obama pada 2010 dan keberatan untuk menaikkan batas utang dan pendanaan pemerintah tanpa syarat kebijakan.

' Tidak Menang '

" Kami berjuang melawan yang baik , " kata Ketua DPR John Boehner , seorang Republikan , Rabu (16/10/2013) di Cincinnati WLW,  sebuah stasiun radio di negara bagian asalnya dari Ohio . " Kami hanya tidak menang . "

Perjanjian dinegosiasikan oleh Pemimpin Mayoritas Senat Harry Reid dan Pemimpin Minoritas Mitch McConnell akan mendanai pemerintah pada tingkat pengeluaran Republik yang didukung melalui 15 Januari 2014 , dan menangguhkan batas utang sampai 7 Februari, menyiapkan putaran lain untuk konfrontasi itu .

Semua penilaian terhadap usulan di Senat berasal dari Partai Republik . Satu senator , Republik James Inhofe dari Oklahoma , tidak hadir.

Senat kesepakatan ini diresmikan sehari setelah Fitch Ratings menempatkan AAA pada kelas kredit AS pada peringkat negatif, menyusul ketidakmampuan pemerintah untuk menaikkan plafon utang pada waktu yang tepat, demikian menurut sebuah pernyataan setelah pasar di New York kemarin ditutup.

Saham rally

Saham AS Rabu atau Kamis (17/10/2013) mengalami rally  dan mengirimkan Indeks Standard & Poor 500 menuju rekor . Indeks acuan naik 1,4% menjadi 1,721.47 pada pukul 4 pm di New York setelah meluncur 0,7% Selasa (15/10/2013). S & P 500 Index berjangka naik 0,1% setelah indeks ditutup 0,3%  dari rekor di New York .

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Sumber : Bloomberg
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper