Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jalur Kereta Rusia-Korea Utara Resmi Dibuka

Bisnis.com, RAJIN - Rusia membuka kembali jalur rel kereta dengan Korea Utara, sehingga meningkatkan prospek perdagangan antara negara tertutup tersebut dengan negara tetangga terbesarnya setelah bertahun-tahun dijatuhi sanksi internasional. Pembukaan

Bisnis.com, RAJIN - Rusia membuka kembali jalur rel kereta dengan Korea Utara, sehingga meningkatkan prospek perdagangan antara negara tertutup tersebut dengan negara tetangga terbesarnya setelah bertahun-tahun dijatuhi sanksi internasional.

Pembukaan jalur kereta tersebut dilakukan pada Minggu (22/9), setelah Korut mendekati Moskwa dan Beijing untuk memberi bantuan ekonomi menyusul memburuknya hubungan dengan Korea Selatan dan Amerika Serikat.

Kepala perusahaan kereta milik negara di Rusia mengatakan jalur rel sepanjang 54 km tersebut melewati perbatasan timur kota Khasan di Rusia hingga ke pelabuhan Rajin, di mana Korut mengekspor batu bara dan menerima impor barang dari Korsel dan negara Asia lain.

“Ini adalah bagian dari jalur trans-Korea yang akan menghubungkan wilayah tersebut dengan Eropa melalui teritorial Rusia,” ujar Kepala Russian Railways Vladimir Yakunin dalam kunjungannya ke Rajin akhir pekan lalu.

Yakunin mengatakan jalur rel dan terminal bongkar muat—yang bernilai 9 miliar rouble (US$283 juta)—itu akan beroperasi secara efektif dengan kapasitas 4 juta metrik ton per tahun dalam 2 tahun ke depan. (Reuters/53)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Sepudin Zuhri
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper