Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jalur Kereta Rusia-Korea Utara Resmi Dibuka

Bisnis.com, RAJIN - Rusia membuka kembali jalur rel kereta dengan Korea Utara, sehingga meningkatkan prospek perdagangan antara negara tertutup tersebut dengan negara tetangga terbesarnya setelah bertahun-tahun dijatuhi sanksi internasional. Pembukaan
Wike Dita Herlinda
Wike Dita Herlinda - Bisnis.com 23 September 2013  |  20:03 WIB

Bisnis.com, RAJIN - Rusia membuka kembali jalur rel kereta dengan Korea Utara, sehingga meningkatkan prospek perdagangan antara negara tertutup tersebut dengan negara tetangga terbesarnya setelah bertahun-tahun dijatuhi sanksi internasional.

Pembukaan jalur kereta tersebut dilakukan pada Minggu (22/9), setelah Korut mendekati Moskwa dan Beijing untuk memberi bantuan ekonomi menyusul memburuknya hubungan dengan Korea Selatan dan Amerika Serikat.

Kepala perusahaan kereta milik negara di Rusia mengatakan jalur rel sepanjang 54 km tersebut melewati perbatasan timur kota Khasan di Rusia hingga ke pelabuhan Rajin, di mana Korut mengekspor batu bara dan menerima impor barang dari Korsel dan negara Asia lain.

“Ini adalah bagian dari jalur trans-Korea yang akan menghubungkan wilayah tersebut dengan Eropa melalui teritorial Rusia,” ujar Kepala Russian Railways Vladimir Yakunin dalam kunjungannya ke Rajin akhir pekan lalu.

Yakunin mengatakan jalur rel dan terminal bongkar muat—yang bernilai 9 miliar rouble (US$283 juta)—itu akan beroperasi secara efektif dengan kapasitas 4 juta metrik ton per tahun dalam 2 tahun ke depan. (Reuters/53)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

korea Korea Utara rusia kereta
Editor : Sepudin Zuhri

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top