Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Halim PK Kembali Jadi Embarkasi Haji

Bisnis.com, JAKARTA--Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur, kembali digunakan untuk memberangkatkan jamaah calon haji dari Indonesia. Menteri Agama Suryadharma Ali mengatakan, Bandara Halim bisa terus digunakan untuk memberangkatkan jamaah yang

Bisnis.com, JAKARTA--Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur, kembali digunakan untuk memberangkatkan jamaah calon haji dari Indonesia.

Menteri Agama Suryadharma Ali mengatakan, Bandara Halim bisa terus digunakan untuk memberangkatkan jamaah yang hendak menunaikan ibadah haji ke Arab Saudi karena sudah memiliki fasilitas pendukung memadai.

"Kalau ke Bandara Soekarno Hatta kan macet, lama, dan jarak tempuh lebih jauh,” jelasnya seperti dikutip situs Kemenag, Selasa (10/9/2013).

Menurut Menag, persiapan Bandara Halim dinilai bagus dan jika ada kekurangan pun tidak terlalu signifikan.

Bandara Halim ini lebih baik dari Bandara Soekarno Hatta karena terkait jarak dari Asrama Haji Pondok Gede. “Alhamdulilllah persiapan penyelenggaraan haji sudah mencapai puncaknya,” ujarnya.

Bandara Halim diaktifkan lagi lantaran daya tampung terminal haji di Bandara Soekarno-Hatta kian terbatas dan proses renovasi yang masih berjalan.

Bandara ini sebelumnya pernah digunakan sebagai bandara haji sampai tahun 1998.

Dari asrama haji, waktu tempuh ke Bandara Halim hanya sekitar 15 menit sedangkan dari Bekasi sekitar 45 menit pada saat macet.

Bandara ini memang akan menjadi lokasi keberangkatan bagi embarkasi Jakarta-Pondok Gede (JKG) untuk jamaah dari Provinsi DKI Jakarta, Banten, dan Lampung, serta Jakarta-Bekasi (JKS) untuk jamaah dari Provinsi Jawa Barat.

“Banyak manfaatnya kalau kita pakai Bandara Halim ini. Saya kira bisa seterusnya bisa kita pakai, karena fasilitasnya memadai. Jarak landasannya juga memadai,” kata Menag. (ra)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rustam Agus
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper