Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pos Indonesia Guyur BLSM di Balikpapan

Bisnis.com, BALIKPAPAN - PT Pos Indonesia Cabang Balikpapan mulai menyalurkan dana Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM) tahap ke dua sebagai kompensasi atas pengurangan subsidi bahan bakar minyak. Kepala Satuan Tugas BLSM PT Pos Indonesia Cabang
Rachmad Subiyanto
Rachmad Subiyanto - Bisnis.com 03 September 2013  |  18:47 WIB
Pos Indonesia Guyur BLSM di Balikpapan
Bagikan

Bisnis.com, BALIKPAPAN - PT Pos Indonesia Cabang Balikpapan mulai menyalurkan dana Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM) tahap ke dua sebagai kompensasi atas pengurangan subsidi bahan bakar minyak.

Kepala Satuan Tugas BLSM PT Pos Indonesia Cabang Balikpapan Omai Gunawan mengatakan kepala keluarga penerima masih perlu melakukan verifikasi sebelum menerima pembayaran. Fotokopi kartu identitas serta kartu perlindungan sosial (KPS) menjadi bukti verifikasi bagi kepala keluarga penerima.

"Karena ada daftar baru yang dikeluarkan dari pusat yang menjadi syarat untuk pembayaran," ujarnya, Selasa (3/9/2013).

Pembagian KPS yang dilakukan pada periode pertama di Balikpapan mencapai 85% dari total 16.276 RTS penerima. Omai mengaku seluruh KPS tidak bisa dibagikan seluruhnya kepada penerima karena ada yang mengembalikan dan ada yang alamat penerima tidak jelas.

Dirinya memperkirakan pada pembayaran tahap kedua jumlah penerima hampir sama dengan jumlah kartu KPS yang telah dibagikan tersebut. Sepuluh kantor pos yang ada di Balikpapan, imbuhnya, akan melayani pembayaran BLSM tahap kedua ini.

"Seluruh kantor pos yang ada siap melayani pembayaran ini," tukasnya.

Omai menambahkan kartu yang tidak terbagi tersebut akan dikembalikan kepada pemerintah pusat. Namun, ada kemungkinan kartu tersebut bisa dialihkan kepada kepala keluarga yang benar-benar layak menerima. "Setelah ada rapat bersama dengan seluruh pihak baru bisa dialihkan."

Berdasarkan pembagian pada periode pertama, pihaknya bisa melayani pembayaran hingga mencapai 800 orang per hari. Namun, pantauan di lapangan, jumlah masyarakat yang mencairkan BLSM di kantor pos belum terlalu mencolok. Hanya sekitar 20 - 30 orang    kepala keluarga yang mengambil BLSM per hari sejak dibuka Senin (2/9/2013).

Operasional pelayanan verifikasi dimulai sejak pukul 08.00 Wita sampai dengan pukul 17.00 Wita. Namun, pelayanan pembayaran akan tetap berlangsung hingga 2 Desember mendatang pada tiap kantor pos yang ada di daerah tersebut.

Kantor Pos Balikpapan memiliki area kerja Balikpapan, Penajam Paser Utara dan Paser. Pihaknya juga tetap berkoordinasi dengan pemerintah daerah yang berada di bawah area kerjanya untuk mendistribusikan BLSM.

Hanya saja, untuk penyaluran di Penajam Paser Utara dan Paser mih belum bisa dilakukan karena daftar verifikasi dari pusat belum diterima. Tercatat, total untuk area kerja Kantor Pos Balikpapan ada 42.138 rumah tangga sasaran (RTS) penerima KPS yang menjadi dasar penyerahan BLSM kepada masyarakat. Rinciannya, sebanyak 16.276 RTS penerima berada di Balikpapan, 15.414 RTS penerima berada di Paser dan 10.628 RTS penerima berada di Penajam Paser Utara.

Adapun, total dana BLSM yang akan disalurkan pada tiga daerah tersebut mencapai Rp12,6 miliar. Rinciannya Balikpapan menerima Rp4,8 miliar, Paser sebesar Rp4,6 miliar dan Penajam Paser Utara mendapatkan Rp3,2 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pt pos indonesia blsm
Editor : Martin Sihombing
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top