Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Kenaikan Tiket Bioskop 33% Picu Inflasi di Pekanbaru

Bisnis.com, PEKANBARU - Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Riau mencatat laju inflasi Kota Pekanbaru pada Agustus 2013 sebesar 0,8%, sementara Kota Dumai sebesar 0,61%.
Vega Aulia Pradipta
Vega Aulia Pradipta - Bisnis.com 02 September 2013  |  19:38 WIB

Bisnis.com, PEKANBARU - Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Riau mencatat laju inflasi Kota Pekanbaru pada Agustus 2013 sebesar 0,8%, sementara Kota Dumai sebesar 0,61%.

Kepala BPS Provinsi Riau Mawardi Arsyad mengatakan kelompok pengeluaran bahan makanan menyumbang andil inflasi paling besar di Pekanbaru, yakni hingga 0,31%.

Sementara, andil inflasi paling besar di Dumai adalah dari kelompok pengeluaran perumahan, air, listrik, gas, dan bahan bakar, yakni hingga 0,2%.

“Inflasi Pekanbaru 0,8%, dalam tiga bulan terakhir inflasi selalu di bawah nasional. Pekanbaru daerah yang lebih baik dari cara menata harga,” ujarnya dalam paparan di kantornya hari ini, Senin (2/9/2013).

Beberapa komoditas yang memberi andil inflasi Kota Pekanbaru pada Agustus 2013 adalah angkutan antar kota, bawang merah, tarif listrik, emas perhiasan, dan daging ayam ras.

Sementara, beberapa komoditas yang memberi andil inflasi Kota Dumai adalah daging sapi, bawang merah, tarif listrik, emas perhiasan, dan telur ayam ras.  

Menariknya, selama Agustus 2013 komoditas yang mengalami kenaikan harga tertinggi di Kota Pekanbaru justru bukan berasal dari bahan makanan, melainkan dari harga tiket bioskop.

“Harga tiket bioskop naik 33,33% karena Agustus kemarin itu kan banyak libur. Padahal di Pekanbaru ini bioskop cuma ada tiga,” jelas Mawardi.  

Selanjutnya, komoditas yang juga naik cukup tinggi di Pekanbaru adalah pepaya yang harganya naik 32,47% dan angkutan antarkota yang naik 25%.

“Kalau yang harganya turun itu jengkol turun 17,69%, petai juga turun 7,03%. Jengkol itu termasuk komoditas penting, kalau ngga ada jengkol [di menu], bukan restoran padang itu di sini namanya,” ujarnya setengah berkelakar. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Inflasi bioskop pekanbaru
Editor : Sutarno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top