Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Proyek Coastal Road: Kadin Anggap Pemkot Balikpapan tak Terbuka

Bisnis.com, BALIKPAPAN--Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kota Balikpapan mengaku kecewa dengan pemerintah daerah, karena dinilai tidak terbuka atas proses perencanaan hingga akan dilelangnya proyek jalan pantai (coastal road).Ketua Kadin Kota Balikpapan

Bisnis.com, BALIKPAPAN--Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kota Balikpapan mengaku kecewa dengan pemerintah daerah, karena dinilai tidak terbuka atas proses perencanaan hingga akan dilelangnya proyek jalan pantai (coastal road).

Ketua Kadin Kota Balikpapan Rendi Susiswo Ismail mengatakan pihaknya tidak proaktif dalam proyek coastal road karena secara keseluruhan pemerintah tidak bersikap terbuka terhadap proyek tersebut. Beberapa poin seperti kejelasan status lahan pasca direklamasi serta mekanisme lelang yang digunakan tidak dijelaskan secara gamblang.

"Karena itu kami terus terang mengaku kecewa karena merasa pemerintah lebih mendahulukan investor dari luar," ujarnya kepada Bisnis, Sabtu (17/08/2013).

Rendi menambahkan apabila informasi tersebut dijelaskan kepada pelaku usaha lokal, pihaknya meyakini akan banyak investor yang tertarik. Bahkan dirinya meyakini akan ada pelaku usaha lokal yang sanggup untuk merealisasikan coastal road tersebut.

Pihaknya secara nyata menyatakan siap untuk mendukung program pembangunan coastal road  yang bertujuan untuk memacu pertumbuhan ekonomi kota. Melalui konsep water front city yang diusung oleh coastal road, prospek usaha ke depan akan semakin lebih baik lagi.

Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Balikpapan Suryanto mengatakan pihaknya tidak memprioritaskan siapapun dalam proyek coastal road ini. Pemkot Balikpapan membuka kesempatan secara adil bagi investor yang siap, baik modal maupun pengalaman sumber daya manusianya, untuk membangun jalan sepanjang 8,5 kilometer tersebut.

"Ini proyek besar yang memerlukan investor dengan kemampuan finansial yang cukup serta pengalaman di bidang yang sama," tukasnya.

Rencananya, lelang dijadwalkan rampung pada Januari 2014. Adapun peletakan batu pertama proyek tersebut dijadwalkan pada Februari 2014. Luas laut yang akan direklamasi sebagai alur coastal road diperkirakan mencapai sekitar 5 hektar.

Pemkot Balikpapan, kata Suryanto, telah menyelesaikan kajian desain detail teknis (detail engineering design /DED) pada segmen tiga sepanjang satu kilometer dari delapan segmen yang direncanakan. Dirinya menegaskan desain tersebut harus diikuti oleh investor sesuai dengan rencana yang ada sehingga benar-benar sesuai dengan penataan yang direncanakan.

Apabila dalam proses lelang ternyata tidak ada ketertarikan dari investor, Suryanto mengatakan pemerintah daerah siap untuk meminjam dana dari pihak ketiga untuk membiayai proyek coastal road. Mekanisme yang digunakan yakni dengan mendorong Perusda Balikpapan sebagai tim yang berada di lapangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ismail Fahmi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper