Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Obama Ajukan Donald Kohn Sebagai Chairman The Fed

Bisnis.com, WASHINGTON - Setelah Janet Yellen dan Lawrence Summers disebut-sebut sebagai kandidat potensial pengganti Ben S. Bernanke selaku Chairman Federal Reserve Amerika Serikat, Presiden Barack Obama menambahkan Donlad Kohn ke dalam daftar calon

Bisnis.com, WASHINGTON - Setelah Janet Yellen dan Lawrence Summers disebut-sebut sebagai kandidat potensial pengganti Ben S. Bernanke selaku Chairman Federal Reserve Amerika Serikat, Presiden Barack Obama menambahkan Donlad Kohn ke dalam daftar calon orang nomor satu di bank sentral AS itu. 

Obama mengisyaratkan dirinya juga mempertimbangkan Kohn sebagai kandidat dalam sebuah pertemuan tertutup dengan Partai Demokrat di U.S. House, Rabu (31/7/2013). Dalam rapat tersebut, dia menolak anggapan bahwa bursa Chairman the Fed akan menjadi duel antara Yellen dan Summers.

Kohn sendiri merupakan salah satu mantan Wakil Chairman the Fed, atau posisi yang sama seperti yang dijabat oleh Yellen saat ini. Sementara itu, Summers adalah mantan menteri keuangan di era Presiden Bill Clinton.

Dalam sebuah pertemuan terpisah dengan para senator Demokrat, Obama juga mengatakan dirinya telah mewawancarai banyak kandidat. Senator Richard Durbin dari Illinois mengungkapkan banyak diantara kandidat tersebut merupakan nama-nama yang belum pernah sama sekali disebutkan oleh media.

Dengan menyebut Kohn sebagai calon potensial lain untuk menggantikan Bernanke, Obama sebenarnya berupaya meredakan ketegangan akibat persaingan antara Summers dan Yellen. Menurut salah seorang sumber yang menolak disebut namanya, presiden dari Partai Demokrat itu tidak ingin pilihannya dibatasi.

Sebanyak 37 anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) AS pada Rabu melayangkan surat kepada Obama dan mendesak kepala negara untuk memilih Yellen. Pekan lalu, 19 anggota Senat Demokrat dan 1 anggota independen juga melakukan hal yang sama.

“Para penasehat presiden hanya melakukan apa yang seharusnya mereka lakukan, yaitu memberikan beberapa pilihan untuk dipertimbangkan,” ujar Laura Tyson, mantan Chairman Dewan Penasehat Ekonomi.

Dia menambahkan memilih Chairman the Fed merupakan sebuah keputusan yang sangat penting. Oleh karena itu, lanjutnya, untuk mengambil keputusan yang tepat, presiden harus mempertimbangkan semua pilihan yang ada dengan sebaik-baiknya.

Setelah mengabdikan diri di bank sentral AS selama 40 tahun, Kohn saat ini menjabat sebagai mitra senior di Brookings Institution di Washington. Dia juga merupakan pendukung setia Bernanke dan salah satu penasehatnya pada saat Negara Paman Sam itu diterpa krisis finansial.

Kohn, yang berusia 70 tahun, pernah menjabat sebagai gubernur the Fed pada Agustus 2002 dan menduduki posisi Wakil Chairman dari Juni 2006 hingga Juni 2010. Bernanke sendiri akan meninggalkan jabatannya pada 31 Januari 2014.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Sepudin Zuhri
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper