Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Mudik Lebaran, Pelni Makassar Siapkan 14 Kapal

Bisnis.com, MAKASSAR - PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) Makassar menyiapkan 14 unit armada kapal laut untuk mengantisipasi lonjakan penumpang sebelum dan sesudah lebaran yang puncaknya diprediksi H-4.
M. Taufikul Basari
M. Taufikul Basari - Bisnis.com 25 Juli 2013  |  19:06 WIB
Mudik Lebaran, Pelni Makassar Siapkan 14 Kapal

Bisnis.com, MAKASSAR - PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) Makassar menyiapkan 14 unit armada kapal laut untuk mengantisipasi lonjakan penumpang sebelum dan sesudah lebaran yang puncaknya diprediksi H-4.

Menurut General Manager Pelni Makassar Capten Robert I Mandagie penambahan itu sebagai antisipasi agar seluruh penumpang yang mudik lebaran melalui pelabuhan Soekarno-Hatta bisa terangkut.

Pelni sendiri telah melakukan persiapan sebagai antisipasi lebaran sejak H-15 hingga H+15 dengan prediksi lonjakan penumpang tertinggi pada H-4. Lonjakan penumpang diprediksi 15% dibandingkan dengan tahun lalu.

Peningkatan sudah tampak pada H-15. Pada lebaran 2012 tercatat sekitar 1.500 penumpang yang diangkut, sedangkan pada H-15 tahun ini meningkat 4%.

Pada 2010 total jumlah penumpang lebaran tercatat 85.958 orang dengan 55 pergerakan kapal. Tahun berikutnya jumlah penumpang naik jadi 103.592 orang dengan pergerakan kapal 66 kali. 

Pada tahun lalu jumlah penumpang mencapai 159.000 orang dengan pergerakan kapal 69 kali.

Adapun rute-rute pengangkutannya yakni ke daerah barat dengan tujuan pulau Jawa, daerah timur meliputi Bau Bau, Ambon, dan Jayapura. Daerah utara meliputi Pare Pare, Balikpapan, Tarakan, dan Nunukan serta daerah selatan meliputi Bima, Labuan Bajo, dan NTT.

“Untuk saat ini rute yang padat pada daerah selatan khusunya ke Bima, sementara yang sepi penumpang daerah barat ke pulau Jawa," katanya, Kamis (25/7/2013). Sepinya penumpang ke Jawa, lanjutnya, karena masyarakat lebih memilih moda transportasi udara.

Sementara itu, kapal yang dioperasikan antara lain KM Kelimutu, KM Kerinci, KM Labobar, KM Lambelu, KM Leuser, KM Ngapulu, KM Sinabung, M Sirimau, KM Tidar, KM Tatamailau, KM Tilongkabilan, KM Umsini serta KM Wilis.

Kapasitas kapal-kapal tersbut mulai dari 500 penumpang, 1.000 penumpang, 2.000 penumpang serta 3.000 penumpang.

Menurut Robert saat ini ketersediaan tiket masih mencukupi sehingga calon penumpang dihimbau untuk tidak khawatir akan kehabisan tiket. Selain itu, area penjualan sekarang tidak terpusat di kantor Pelni, melainkan dapat dibeli via agen perjalanan dan kantor pos.

“Untuk kenyamanan penumpang telah disiapkan pelayanan maksimal termasuk dispensasi keterlambatan jadwal," tambahnya. Kompensasi itu berupa pengembalian uang tiket 100% dengan 12 jam toleransi keterlambatan.

Pelni membatasi setiap penumpang hanya boleh membawa barang 30 kg--40 kg di bagasi mereka, selebihnya harus dikenakan biaya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

makassar pelni
Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top