Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penetapan 1 Syawal: Pemerintah Gelar Sidang Isbat 7 Agustus

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Agama menjadwalkan sidang isbat untuk penetapan 1 Syawal 1434 Hijriyah atau Lebaran Idulfitri akan digelar pada 7 Agustus 2013."Untuk waktunya, tahun ini kita ubah jadwal sidangnya menjadi siang hari sampai habis Maghrib,

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Agama menjadwalkan sidang isbat untuk penetapan 1 Syawal 1434 Hijriyah atau Lebaran Idulfitri akan digelar pada 7 Agustus 2013.

"Untuk waktunya, tahun ini kita ubah jadwal sidangnya menjadi siang hari sampai habis Maghrib, dari selama ini sore hingga malam hari.  Ini dimaksudkan agar lebih banyak waktu dalam mendapatkan informasi," kata Menteri Agama Suryadharma Ali, Selasa malam (23/7/2013).

Dia menjelaskan sebelum sidang isbat digelar setelah shalat Maghrib, sebelumnya akan didahului dengan pra sidang pada siang.

Seperti penetapan awal Ramadan, dalam sidang isbat ini juga akan melibatkan perwakilan dari organisasi kemasyarakatan Islam dan perwakilan negara-negara sahabat.

Sebelumnya, Pimpinan Pusat Muhammadiyah telah menetapkan ijtimak jelang Syawal 1434 H jatuh pada Rabu pon, 7 Agustus 2013 pukul 04:52:19 WIB.

Tinggi bulan pada saat terbenam Matahari di Yogyakarta ( 0 : -07" 48, dan l": l l0o 21, BT ) : *03o 54' ll" (hilal sudah wujud) dan di seluruh wilayah Indonesia pada saat terbenam matahari itu, bulan berada di atas ufuk.

Sehingga 1 Syawal 1434 jatuh pada Kamis Wage, 8 Agustus 2013. (yusran yunus)

BACA JUGA:




Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rahmayulis Saleh
Editor : Yusran Yunus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper