Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kisah Sukses Christy Walton

Christy Walton/bloombergBisnis.com, JAKARTA - Anda kenal Christy Walton? Dia adalah salah satu wanita terkaya di dunia,  janda John Walton T, putra kedua dari pendiri Wal-Mart Sam Walton. Setelah kematian  John pada  2005, Christy mewarisi

Christy Walton/bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA - Anda kenal Christy Walton? Dia adalah salah satu wanita terkaya di dunia,  janda John Walton T, putra kedua dari pendiri Wal-Mart Sam Walton. Setelah kematian  John pada  2005, Christy mewarisi kekayaan suaminya, yang terdiri dari 12,2%  saham di Wal-Mart, perusahaan swasta terbesar di AS, dan sekitar 25 juta saham dari First Solar, produsen panel surya.

Suami Christy, John T. Walton adalah putra kedua  dari pendiri Wal-Mart Sam Walton,  veteran baret hijau yang dianugerahi Silver Star setelah bertugas di Perang Vietnam, Walton meninggal pada  2005 ketika  pesawat ultralight eksperimentalnya jatuh. Hidup Christy di Jackson Hole, Wyoming, dan melayani di dewan San Diego Natural History Museum  dan San Diego Zoological Society.

Sahamnya kini dikendalikan melalui Walton Enterprises, perusahaan induk keluarga Walton. Selain sahamnya  yang diwarisi  suaminya berupa  25 juta saham di perusahaan energi First Solar,  dan dimiliki perkebunan,  26%  saham  di Walton milik Arvest Bank, bank umum terbesar Arkansas itu.

Sejak kematian Sam Walton pada  1992, John T. Walton  mendapatkan warisan sekitar US$4,9 miliar dalam bentuk deviden dan penjualan Wal-Mart dan stok First Solar.

Berdasarkan analisis  pendapatan dividen, transaksi insider, pajak, kinerja pasar dan filantropi, dia mungkin memiliki lebih dari US$4,5 miliar dalam bentuk tunai dan aset investable lainnya.

Menurut Forbes, dia adalah  orang terkaya keenam di Amerika Serikat, dan kesepuluh  di dunia, per Maret 2012 .  Forbes melaporkan bahwa dia adalah wanita terkaya di dunia selama tujuh tahun berturut-turut, dan masih memegang gelar pada Maret 2012.  Namun, pada Mei 2012  Business Review Weekly memperkirakan bahwa pengusaha pertambangan Australia Gina Rinehart telah melebihi kekayaan Walton.  

Pada Agustus 2012  kekayaan dia dan keluarga diestimasikan  senilai  US$29,90 miliar, sebagian besar  berasal dari saham nya di Wal-Mart, tetapi juga dari First Solar, yang investasinya dilakukan oleh mendiang suaminya. Dia tinggal di Jackson, Wyoming dan memiliki satu anak, Lukas.  Pada  Oktober 2012, Walton tercatat sebagai orang terkaya ke-9 dunia.

Data
• Suami, John, tewas dalam kecelakaan sebuah pesawat eksperimental pada  2005.
• Dia menyumbangkan rumah   di National Park, California untuk amal.  Rumah ini dibeli pada 1985.
• Bergelut di  Museum Sejarah Alam San Diego dan  San Diego Zoo.
• Membiayai San Diego's Harborside School yang ditutup pada  2007.
• 1987 Lukas, anak mereka lahir.
• Pasangan ini pada 1999  pindah dari San Diego ke Jackson Hole, Wyoming.
• 2006Christy Walton menyumbangkan rumah di Victoria di Taman Nasional untuk amal.

Baca:

-Ini Kisah Sukses Jeffrey Preston Bezos, Bos Amazon.Com

-Ini Kisah Sukses Jeffrey Preston Bezos, Bos Amazon.Com

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Sumber : Bloomberg, Forbes, Business Review Weekly

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper