Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penukaran Uang, BI Jatim Siapkan Rp11,9 Triliun

Bisnis.com, SURABAYA - Empat kantor perwakilan Bank Indonesia di Wilayah IV Jawa Timur menyiapkan lebih dari Rp11,9 triliun pecahan sebagai antisipasi penukaran uang menjelang Lebaran.Hamid Ponco Wibowo, Direktur Kantor Perwakilan BI Wilayah IV, mengungkapkan

Bisnis.com, SURABAYA - Empat kantor perwakilan Bank Indonesia di Wilayah IV Jawa Timur menyiapkan lebih dari Rp11,9 triliun pecahan sebagai antisipasi penukaran uang menjelang Lebaran.

Hamid Ponco Wibowo, Direktur Kantor Perwakilan BI Wilayah IV, mengungkapkan dari jumlah uang disediakan Rp1,6 triliun, uang pecahan Rp10.000 ke bawah dan Rp10,3 triliun uang pecahan di atas Rp20.000.

Adapun penukaran uang itu menggunakan 500 kantor bank umum dan BPR. "Dengan demikian diharapkan penukaran uang kecil lebih efisien," ujarnya dalam jumpa pers, Kamis (11/7/2013).

Sebagai informasi, wilayah IV Jatim meliputi wilayah kantor perwakilan Surabaya, Malang, Kediri dan Jember. Penukaran uang bagi masyarakat umum dilakukan awal pekan ini pada Selasa, Rabu dan Kamis pukul 09.00 WIB-12.00 WIB.

"Kami mengimbau penukaran uang kecil dilakukan di tempat resmi," imbuhnya. Pasalnya, BI tak bisa menjamin keaslian uang dan jumlah di tempat penukaran tak resmi.

Hamid menguraikan penukaran uang bagi instansi bisa dilayani di Bank Indonesia dengan surat pengantar resmi. Khusus wilayah Madura, Bank Indonesia mengirimkan layanan khusus berupa kas keliling.

Bila dibandingkan penyaluran tahun lalu, Hamid menambahkan ada peningkatan Rp1 triliun tahun ini. Selain itu jumlah uang pecahan kecil meningkat menjadi 13,6% dari tahun lalu 12%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper