Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Kepala Sekolah & Guru Dilarang Terlibat Politik Praktis

BISNIS.COM, JAKARTA--Presiden Susilo Bambang Yudhoyono melarang kepala sekolah dan pejabat dinas pendidikan terlibat dalam politik praktis. 
Demis Rizky Gosta
Demis Rizky Gosta - Bisnis.com 03 Juli 2013  |  15:27 WIB
Kepala Sekolah & Guru Dilarang Terlibat Politik Praktis
Bagikan

BISNIS.COM, JAKARTA--Presiden Susilo Bambang Yudhoyono melarang kepala sekolah dan pejabat dinas pendidikan terlibat dalam politik praktis. 

Sikap tersebut harus diambil, karena guru kerap menjadi korban penyalahgunaan kekuasaan oleh para politisi yang bertarung dalam Pemilu Kepala Daerah.

Presiden SBY mengaku sering mendapatkan laporan tentang ekses dan penyimpangan dalam proses Pemilukada yang mengorbankan guru dan pegawai negeri sipil.

Guru, paparnya, sering dipaksa masuk dalam tim sukses untuk memenangkan pihak tertentu dalam pertarungan politik di daerah tempatnya bekerja.

Para pengajar diancam dimutasi jika menolak bergabung atau jika politisi yang didukung atasannya kalah.

"Karena pilkada, guru sering jadi korban. Kepala sekolah dan pejabat dinas harus menjauhkan diri dari politik praktis, jangan melibatkan diri dari pilkada," katanya dalam Pembukaan Kongres Persatuan Guru Republik Indonesia, Rabu (3/7/2013).

Ketua Umum PB PGRI Sulistiyo mengatakan mutasi guru yang dipicu motif politik masih sering terjadi di berbagai daerah selama dan pascapemilu kepala daerah.

Dia meminta implementasi otonomi daerah dalam bidang pendidikan dikaji kembali karena proses pendidikan kerap terganggu oleh pertentangan politik.

"Keberhasilan [otonomi] pendidikan menjadi tanda tanya besar, termasuk guru yang masih diperlakukan sebagai perangkat birokrasi, bukan profesi," kata Sulistiyo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sby guru pilkada politik praktis
Editor : Sepudin Zuhri
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top