Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

SBMPTN 2013: Diikuti 30.732 Peserta, Panitia Malang Siapkan Metal Detektor

BISNIS.COM, MALANG-Sebanyak 3.073 petugas diturunkan untuk mengawasi pelaksanaan tes Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) di Malang yang tersebar di tiga perguruan tinggi negeri serta sejumlah ruangan kelas SMA dan SMP.Koordinator Publikasi
Yusran Yunus
Yusran Yunus - Bisnis.com 18 Juni 2013  |  10:23 WIB
SBMPTN 2013: Diikuti 30.732 Peserta, Panitia Malang Siapkan Metal Detektor
Bagikan

BISNIS.COM, MALANG-Sebanyak 3.073 petugas diturunkan untuk mengawasi pelaksanaan tes Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) di Malang yang tersebar di tiga perguruan tinggi negeri serta sejumlah ruangan kelas SMA dan SMP.

Koordinator Publikasi Panitia Lokal Malang, Amin Sidiq, mengemukakan ribuan petugas tersebut disebar di seluruh tempat ujian yang berjumlah 1.537 ruangan.

"Di setiap lokasi tes sudah ada petugas yang mengkoordinasikan, sehingga peserta tidak perlu khawatir. Apalagi, setiap lokasi ujian juga dilengkapi dengan denah (peta) ruangan tes," katanya.

Untuk kelompok saintek tesnya di Universitas Brawijaya (UB), Sosial Humaniora (Soshum) di Universitas Negeri Malang (UM) dan sejumlah ruang kelas di SMAN 8 serta SMPN 4, dan kelompok campuran di Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki).

Dia menjelaskan, selain pengawas masih ada petugas atau penanggung jawab lapangan yang jumlahnya juga mencapai ratusan orang.

Sementara Ketua Panitia Lokal (Panlok) Malang, Hendyat Soetopo mengatakan pengawasan pelaksanaan tes SBMPTN tahun ini lebih diperketat, bahkan alat tulis peserta pun akan diperiksa oleh petugas, dan panitia menyiapkan metal detektor untuk memantau adanya alat-alat elektronik yang dibawa ke dalam ruangan ujian.

"Pengawasan dan kewaspadaan panitia memang kita perketat setelah terjadi praktik perjokian pada saat tes masuk calon mahasiswa baru di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) beberapa waktu lalu," katanya, menambahkan.

Menyinggung naskah soal dan lembar jawaban tes SBMPTN, Hendyat mengatakan tidak ada masalah dan sesuai dengan kebutuhan Panlok Malang. Soal ujian dan lembar jawaban sudah didistribusikan ke setiap lokasi ujian.

"Untuk peserta yang terlambat, kami memberikan toleransi 30 menit setelah ujian dimulai dan peserta juga tidak diperkenankan keluar meskipun sudah selesai mengerjakan ujian," tegasnya.

Ujian tulis SBMPTN Panlok Malang diikuti oleh 30.732 peserta dan kuota untuk tiga PTN di Malang hanya 6.558 kursi. Di UB kuotanya sebanyak 4.273 kursi, UM 1.835 kursi dan UIN Maliki sebanyak 450 kursi.(antara/yus)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ujian malang sbmptn 18-19 juni

Sumber : Newswire

Editor : Yusran Yunus
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top