Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KUNJUNGAN CESKA: UI Dapat Grant Visegrad Fund

BISNIS.COM, DEPOK-Kunjungan Menteri Lingkungan Hidup Republik Ceska Tomáš Chalupa menjadi suatu  keistimewaan tersendiri bagi Program Studi Kajian Wilayah Eropa Universitas Indonesia (PKWE UI), karena menjadi pemenang Grant International

BISNIS.COM, DEPOK-Kunjungan Menteri Lingkungan Hidup Republik Ceska Tomáš Chalupa menjadi suatu  keistimewaan tersendiri bagi Program Studi Kajian Wilayah Eropa Universitas Indonesia (PKWE UI), karena menjadi pemenang Grant International Visegrad Fund.

Ketua PKWE UI Polit.Sc Henny Saptatia mengatakan dengan pencapaian tersebut, UI menjadi yang pertama dan satu-satunya yang menyelenggarakan kerja sama dengan beberapa negara Eropa Tengah yang tergabung dalam The Visegrad (Ceska, Hungaria, Polandia dan Slovakia).

“Sebab selama bertahun-tahun, Indonesia belum pernah memiliki hubungan dengan negara The Visegrad di bidang pendidikan,” katanya dalam siaran pers UI, Rabu (15/5/2013).

Dalam ajang International Visegrad Fund tersebut, PKWE UI memperoleh dana  hibah pendidikan sejumlah 14.000 euro atau sekitar 180 juta rupiah yang dimanfaatkan untuk menyelenggarakan kuliah umum yang terbuka bagi mahasiswa dan masyarakat setiap hari Selasa di kampus UI Salemba dengan mendatangkan dosen tamu yaitu para ambassador, diplomat senior maupun menteri dari empat negara The Visegrad.

Selain itu, pada semester ganjil  (dimulai September 2013) akan dibuka Mata Kuliah baru di PKWE UI dengan judul Visegrád Countries: People, State, and Politics yang  diajarkan oleh 50% pengajar UI dan 50% dosen tamu.

Dia mengatakan perolehan hibah dari Visegrad Fund merupakan suatu kebanggaan tersendiri karena Indonesia melalui UI menjadi negara penerima hibah pertama kali di luar Negara Non-Eropa. Para ambassador negara The Visegrad juga sangat berbangga hati atas pencapaian UI tersebut karena merupakan titik awal terjalinnya kerja sama antar negara terutama di bidang pendidikan.  (mfm)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fatkhul-nonaktif
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper