Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PENGELOLAAN SAWAH BENGKULU: BUMN Diarahkan untuk Membantu

BISNIS.COM, BENGKULU—Kementerian BUMN akan mengarahkan BUMN untuk membantu pengelolaan sawah seluas 1.600 hektare atau 2.000 hektare di Bengkulu.Menteri BUMN Dahlan Iskan menyebutkan BUMN yang akan diarahkan untuk membantu pengelolaan sawah itu

BISNIS.COM, BENGKULU—Kementerian BUMN akan mengarahkan BUMN untuk membantu pengelolaan sawah seluas 1.600 hektare atau 2.000 hektare di Bengkulu.

Menteri BUMN Dahlan Iskan menyebutkan BUMN yang akan diarahkan untuk membantu pengelolaan sawah itu a.l PT Pupuk Sriwidjaja (Pusri), PT Sang Hyang Sri.

Pernyataan tersebut menanggapi permintaan Gubernur Bengkulu agar BUMN membantu pengelolaan sawah di Bengkulu dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan.

“Nantinya akan bentuk konsorsium, bisa saja Sang Hyang Sri, Pusri, dan lainnya. Tetapi mungkin kami harapkan Pusri yang akan menjadi leadernya,” ujarnya, Sabtu (4/5)

Dia mengusulkan lahan yang dimiliki oleh petani di Bengkulu diserahkan kepada BUMN untuk pengelolaannya agar dapat ditangani secara korporasi. Nantinya, petani tersebut akan mendapatkan hasil minimal 4 ton per hektar dan tambahan upah jika mereka bekerja di sawah tersebut

“Kami memproklamasikan pertanian berbasis korporasi. Karena ini sawahnya telah dimiliki petani, saya usulkan agar petani serahkan pengelolaan sawah ke BUMN. Tapi syaratnya semua petani harus sepakat, jangan ada yang tidak sepakat. Kalau ada yang tidak sepakat, nanti bisa dipikirkan lagi cara lainnya [untuk membantu pengelolaan sawah],” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ismail Fahmi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper