Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KLH Gandeng Pemda Percepat Perbaiki Lingkungan

BISNIS.COM, JAKARTA - Kementerian Lingkungan Hidup bersinergi dengan  pemerintah daerah untuk mempercepat perbaikan kualitas lingkungan dengan mengetahui secara detail kondisi wilayah sehingga dapat mencari solusi atas persoalan tersebut.Menteri

BISNIS.COM, JAKARTA - Kementerian Lingkungan Hidup bersinergi dengan  pemerintah daerah untuk mempercepat perbaikan kualitas lingkungan dengan mengetahui secara detail kondisi wilayah sehingga dapat mencari solusi atas persoalan tersebut.

Menteri Lingkungan Hidup Balthasar Kambuaya mengatakan kementerian tengah menjaring aspirasi daerah guna mempercepat target perbaikan kualitas lingkungan. Pendekatannya adalah dengan rencana dari tingkat bawah hingga ke atas (bottom-up).

"Karena [pemerintah] provinsi dan kabupaten/kota lebih paham dan mengetahui secara detail kondisi lingkungan hidupnya," kata Balthasar dalam keterangan pers yang dikutip pada Kamis, (4/3/2013).

Dia mengharapkan sinergi antara kementerian dan instansi di daerah itu dapat mencari solusi untuk menurunkan beban pencemaran, mengendalikan laju kerusakan lingkungan serta meningkatkan kapasitas pengelolaan sumber daya alam. Balthasar menyatakan dengan bantuan aktif pemerintah daerah, maka sasaran nasional 2014 tentang perbaikan lingkungan dapat dicapai.

Kementerian Lingkungan Hidup juga menegaskan pihaknya akan menyalurkan dana melalui Dekonsentrasi dan Tugas Perbantuan serta Dana Alokasi Khusus  secara tepat sasaran. Lembaga itu mengungkapkan transparansi pengelolaan keuangan negara akan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

"Perencanaan pendanaan dalam bentuk DAK di tahun 2014 terus diupayakan meningkat menjadi sebesar Rp500 miliar sampai Rp700 miliar dengan prioritas infrastruktur pencemaran dan rehabilitasi  ekosistem," tegas Balthasar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Anugerah Perkasa
Editor : Others
Sumber : Anugerah Perkasa
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper