Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KONGRES HMI 2013: 10 Cabang HMI Tolak Kehadiran SBY

BISNIS.COM, JAKARTA-Sepuluh cabang Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) yang tergabung dalam Gerakan Nasional HMI Anti SBY menyatakan menolak kehadiran Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dalam Kongres HMI XXVIII dan menolak SBY membuka kongres tersebut

BISNIS.COM, JAKARTA-Sepuluh cabang Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) yang tergabung dalam Gerakan Nasional HMI Anti SBY menyatakan menolak kehadiran Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dalam Kongres HMI XXVIII dan menolak SBY membuka kongres tersebut di Hotel Borobudur, 15-22 Maret 2013.

"Bagi kami SBY tidak layak menghadiri pembukaan kongres HMI, apalagi sampai mengintervensi jalannya perhelatan demokrasi akbar di HMI," kata Koordinator Gerakan Nasional HMI Anti SBY Abdul Syukur Oumo pada jumpa pers di Jakarta, Kamis (14/3/2013).

Menurut Syukur, kesepuluh cabang HMI menolak kehadiran Presiden SBY dalam Kongres HMI karena SBY dinilai sebagai pemimpin yang tidak sesuai dengan tipe kepemimpinan ideal yang selama ini dipakai sebagai standar kepemimpinan di HMI yakni jujur, adil dan demokratis.

Kesepuluh cabang HMI yang bergabung dalam Gerakan Nasional HMI Anti SBY yakni HMI cabang Depok, HMI cabang Kupang, HMI cabang Bengkulu, HMI cabang Bekasi, HMI cabang Sukoharjo, HMI cabang Namlea, HMI cabang Labuan Batu Raya, HMI cabang Jember, HMI cabang Selong, HMI cabang Mataram.

Dia menyatakan SBY telah gagal memimpin pemerintahan dengan baik karena jumlah kasus korupsi di negeri dinilai tidak berkurang, tetapi justru terus meningkat. "Kami menganggap SBY telah gagal memimpin negara ini sebab kasus korupsi tidak ditangani dengan baik sebagaimana KPK tidak melakukan penyelesaian terhadap kasus Bank Century dan kasus BLBI (Bantuan Likuiditas Bank Indonesia)," ujarnya.

Pada kesempatan itu, Syukur membacakan enam poin yang ingin ditegaskan dalam Gerakan Nasional HMI Anti SBY tersebut, di antaranya HMI menolak kedatangan SBY ke acara pembukaan Kongres HMI XXVIII, HMI menolak segala bentuk intervensi Cikeas dalam Kongres HMI XXVIII, HMI mendesak KPK untuk segera mengusut tuntas kasus 'bailout' Bank Century.

Selain itu, HMI mendesak KPK untuk menuntaskan kasus BLBI, HMI mendesak KPK segera mengusut berbagai dugaan korupsi yang dilakukan oleh keluarga Cikeas dan HMI mendesak SBY untuk mundur dari jabatan Presiden Indonesia karena menjadikan Indonesia sebagai negara gagal.

Syukur juga menegaskan bahwa Gerakan Nasional HMI Anti SBY tidak dikendalikan oleh pengaruh politik dari pihak manapun karena gerakan itu, kata dia, murni dari penolakan para anggota HMI yang tidak menginginkan HMI diintervensi oleh SBY.

"Maka apabila Pak SBY bersikeras datang dalam kongres, kami akan melakukan blokade pada waktu kedatangan beliau," tegasnya.(antara)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yusran Yunus
Editor : Others
Sumber : Newswire

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper