Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

RASKIN: Salurkan beras, Pemkot Balikpapan pakai data verifikasi sementara

BALIKPAPAN: Pemerintah Kota Balikpapan kemungkinan akan menggunakan data sementara hasil verifikasi lapangan untuk menyalurkan jatah raskin periode Januari 2013.Kepala Bagian Ekonomi Sekretariat Daerah Kota Balikpapan M. Yusuf L. mengatakan jumlah penerima

BALIKPAPAN: Pemerintah Kota Balikpapan kemungkinan akan menggunakan data sementara hasil verifikasi lapangan untuk menyalurkan jatah raskin periode Januari 2013.


Kepala Bagian Ekonomi Sekretariat Daerah Kota Balikpapan M. Yusuf L. mengatakan jumlah penerima yang masuk dalam hasil verifikasi mencapai 10.112 Rumah Tangga Sasaran Penerima Manfaat (RTS-PM). Dia mengatakan kemungkinan angka ini masih bisa berubah sesuai dengan perkembangan di lapangan.
 

“Itu hasil verifikasi lapangan yang kami lakukan. Kami masih menunggu perkembangan lebih lanjut apakah angka ini yang akan digunakan,” ujarnya kepada wartawan, Selasa (29/01).
 

Angka ini, katanya, belum disampaikan kepada Walikota Balikpapan sebagai pedoman dalam mengeluarkan surat perintah alokasi (SPA) raskin periode Januari. Yusuf mengakui akan ada keterlambatan penyaluran raskin karena proses verifikasi lapangan penerima manfaat ini.
 

Berdasarkan data yang diterima oleh Bulog Divisi Regional (Divre) Kaltim, jatah raskin yang diterima oleh Pemkot Balikpapan mencapai 16.276 RTS-PM.
 

Sebelumnya, hasil verifikasi faktual yang dilakukan oleh Balikpapan juga berbeda dengan data yang dikeluarkan oleh Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) tersebut. Hasil verifikasi akhir Desember lalu Pemkot hanya mendata 11.025 RTS-PM yang berhak menerima raskin dari jatah 17.542 RTS-PM.
 

Kepala Divisi Regional Bulog Kalimantan Timur Abdul Nadjid mengatakan pihaknya masih menunggu verifikasi data by name by address guna memastikan penerima raskin pada masing-masing daerah. Bulog Divre Kaltim hanya tinggal menunggu SPA dari masing-masing daerah.
 

“Kami masih belum terima SPA-nya. Kalau itu sudah ada, kami akan salurkan ke masing-masing titik serah,” ujarnya beberapa waktu lalu.
 

Berdasarkan pagu raskin, Kutai Kartanegara menjadi daerah dengan jumlah penerima raskin terbanyak yakni 27.256 RTS. Kemudian disusul oleh Balikpapan sebanyak 16.276 RTS dan Samarinda sebanyak 15.976 RTS. (arh)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis :

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper