Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

ALFAMART Tambah 90 Geria di Cabang Malang

MALANG—PT. Sumber Alfaria Trijaya (SAT) Tbk selaku pemilik gerai Alfamart sepanjang 2013 akan  menambah 80-90 gerai baru. Jumlah tersebut dipatok untuk berdiri di wilayah Cabang Malang.
News Editor
News Editor - Bisnis.com 28 Januari 2013  |  17:36 WIB

MALANG—PT. Sumber Alfaria Trijaya (SAT) Tbk selaku pemilik gerai Alfamart sepanjang 2013 akan  menambah 80-90 gerai baru. Jumlah tersebut dipatok untuk berdiri di wilayah Cabang Malang.

Branch Manager Alfamart Malang Tri Prasetyo mengatakan gerai baru tersebut diharapkan bisa berdiri di wilayah kerja Cabang Malang yang membawahi Malang Raya (Kota/ Kabupaten Malang dan Kota Batu), Trenggalek, Blitar, Kediri, Tuban, Mojokerto, Kertosono, hingga Pasuruan.

“Kami sangat memperhatikan jarak antara gerai yang akan berdiri dengan keberadaan pasar tradisinonal. Jangan sampai gerai berdiri jaraknya berdekatan dengan pasar tradisional. Kami tidak menginginkan hal itu. Karenanya setiap akan mendirikan gerai baru kami melakukan survei yang matang,” kata Tri Prasetyo hari ini, Senin (28/1/2013).

Pihaknya  menekankan penambahan gerai baru tersebut akan memperhatikan jarak dengan pasar tradisional yakni minimal 2 km. Hal itu dilakukan untuk mendukung kebijakan pemerintah daerah (pemda) setempat terkait peraturan daerah (perda) yang mengatur ritel modern dengan pasar tradisional.

Menurutnya dari 80-90 gerai baru yang ditargetkan tumbuh selama 2013 sebanyak 40-50 di antaranya berada di wilayah Malang Raya. Jika di break down jumlah total gerai Alfamart di Jawa Timur saat ini sebanyak 900 unit yang tersebar di tiga cabang yakni Malang, Sidoarjo, dan Jember.

Dari jumlah itu 350 gerai tersebar di wilayah Cabang Malang. Sedangkan 140 gerai diantaranya berada di Malang Raya. Karena itu pihaknya optimistis jika target pertumbuhan gerai baru tersebut bisa terealisasi.

“Kami tetap memiliki pangsa pasar tersendiri. Terutama di wilayah perumahan. Karena tren belanja masyarakat perumahan cenderung meningkat dan untuk belanja yang relatif sedikit tentunya mereka tidak harus ke Hypermart,” jelas dia.

Selain penambahan gerai baru, Alfamart Cabang Malang juga menggenjot jumlah member kartu Alfamart-Ku (AKu). Dari jumlah itu sekitar 80.000 diantaranya diketahui tidak aktif atau jarang digunakan dalam periode 1 tahun.

Untuk Alfamart Cabang Malang dari total pemegang kartu AKu yang ada 50% di antaranya berada di wilayah Malang Raya. Pada 2013 Alfamart mematok target jumlah member kartu AKU bisa tumbuh sebanyak 20.000 orang.

“Tidak hanya itu untuk menggenjot transaksi kami juga menggelar program Kejutan Awal Tahun,” tambahnya.

Dengan pogram itu pengunjung yang berbelanja kelipatan Rp25.000 akan mendapatkan stamp yang bisa ditukarkan dengan puzzle tokoh Doraemon tiga dimensi dan berkesempatan mendapat grand prize yakni 3 orang yang beruntung akan berangkat ke Museum Doraemon di Jepang. (JIBI/k25/sut)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Mohammad Sofi`i

Editor : Sutarno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top