Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

TENAGA AKTUARIA: Masih Minim, UI Buka Program Magister Manajemen

JAKARTA --- Magister Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia berkolaborasi dengan PT Prudential Life Assurance akan membuka pendaftaran program studi Magister Manajemen Aktuaria pada Februari 2013 karena jumlah aktuaris masih dianggap kurang.Dekan
News Editor
News Editor - Bisnis.com 28 Januari 2013  |  14:57 WIB

JAKARTA --- Magister Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia berkolaborasi dengan PT Prudential Life Assurance akan membuka pendaftaran program studi Magister Manajemen Aktuaria pada Februari 2013 karena jumlah aktuaris masih dianggap kurang.

Dekan FE UI Jossy Prananta Moeis mengatakan pembukaan Magister Aktuaria ini merupakan langkah awal bagi pengembangan industri asuransi agar semakin maju.

"Kami juga sangat menghargai dukungan Prudential dalam pengembangan kurikulum serta seluruh infrastruktur yang dapat membantu aktifitas belajar-mengajar nantinya," kata Jossy dalam keterangan tertulis, Senin (28/1).

Berdasarkan laporan Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) pada kuartal III/2012, pertumbuhan industri asuransi jiwa dalam lima tahun belakangan rata-rata 20% sampai 30%. Namun, pertumbuhan itu belum diimbangi dengan jumlah sumber daya manusia yang memiliki keahlian aktuaria memadai.

Saat ini jumlah aktuaris di Indonesia diperkirakan masih di bawah 200 orang, sedangkan kebutuhan industri diperkirakan lebih dari 600 aktuaris.

Presiden Direktur Prudential Indonesia William Kuan mengatakan program kolaborasi dengan UI ini merupakan upaya perusahaan dalam mendukung asosiasi dan regulator dalam memastikan ketersediaan tenaga ahli serta memfasilitasi pengembangan ilmu aktuaria di Indonesia.

"Sumber daya manusia yang mempunyai kualifikasi sebagai seorang aktuaris sangat dibutuhkan karena potensi pasar asuransi yang masih sangat luas," kata William.  (if)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Yodie Hardiyan

Editor : Ismail Fahmi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top