Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PERUSAHAAN CHINA: Laba Desember 2012 melonjak

BEIJING—Laba perusahaan-perusahaan industri China kembali naik pada Desember 2012 setelah naik dalam 3 bulan sebelumnya, sehingga memperlebar peluang perekonomian untuk terus berbalik menguat (rebound).
News Editor
News Editor - Bisnis.com 27 Januari 2013  |  18:10 WIB

BEIJING—Laba perusahaan-perusahaan industri China kembali naik pada Desember 2012 setelah naik dalam 3 bulan sebelumnya, sehingga memperlebar peluang perekonomian untuk terus berbalik menguat (rebound).

Biro Statistik Nasional China pada Minggu (27/1/2013) di Beijing melaporkan laba bersih korporasi naik 17,3% pada Desember 2012 dari periode yang sama tahun sebelumnya menjadi 895 miliar yuan atau US$144 miliar.

Sepanjang 2012, laba industri naik 5,3% dari tahun sebelumnya menjadi 5,56 triliun yuan, sedangkan penjualan naik 11% menjadi 91.6 triliun yuan. Perekonomian terbesar kedua di dunia itu telah melambat dalam 7 kuartal hingga kuartal III/2012.

Standard Chatered Plc. memproyeksikan laba industri China naik sekitar 30% untuk tahun ini karena perekonomian mulai pulih, kegiatan bisnis mulai bergerak pesat lagi, dan permintaan ekspor mulai pulih.

“Data ini semakin menguatkan prediksi yang kami peroleh dari data lain bahwa pertumbuhan industri dan ekonomi mulai menguat lagi dan tekanan terhadap harga di luar negeri mulai pudar,” kata Louis Kujis, kepala ekonom Royal Bank of Scotland Plc. untuk China.

Berdasarkan data pemerintah, produk domestik bruto (PDB) China tumbuh 7,8% pada 2012, terendah sejak 1999. “Karena ekonomi yang lemah pada paruh pertama 2012, perolehan laba sepertinya akan tumbuh kuat secara year on year dalam beberapa bulan kedepan,” ujar Kujis.

Indeks Manajer purchasing awal dari HSBC Holdings Plc. dan Markit Economics yang diumumkan pada pekan lalu menunjukkan kinerja manufaktur China mencatatkan pertumbuhan terpesat dalam 2 tahun. Data final akan diumumkan pada 1 Februari 2013.

Berdasarkan estimasi nilai para analis yang disurvei Bloomberg sebelumnya, PDB China diperkirakan tumbuh 8,1% year on year baik untuk kuartal I/2013 maupun untuk sepanjang 2013.

Indeks Shanghai Composite telah tumbuh 17% sejak anjlok hingga mendekati level terendah dalam 4 tahun pada 3 Desember 2012. Indeks saham acuan di daratan China ini turun 1,1% pada penutupan perdagangan akhir pekan lalu.(Bloomberg/ara/msb)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Newswire

Editor : Martin-nonaktif

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top