Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BISNIS PROPERTI: Harga lahan industri naik 80%

JAKARTA: Rerata harga lahan industri di Jakarta, Bogor, Bekasi, Karawang dan Banten pada kuartal IV tahun lalu naik 80% dibandingkan dengan periode yang sama 2011.Perusahaan riset dan konsultan properti Coldwell Banker Indonesia merinci  rerata

JAKARTA: Rerata harga lahan industri di Jakarta, Bogor, Bekasi, Karawang dan Banten pada kuartal IV tahun lalu naik 80% dibandingkan dengan periode yang sama 2011.

Perusahaan riset dan konsultan properti Coldwell Banker Indonesia merinci  rerata harga lahan industri di Jabobeka-Banten pada kuartal IV/2012 mencapai Rp1,6 juta per m2, sementara pada kuartal yang sama tahun lalu hanya Rp905.231.

Meyriana Kesuma, Manajer Riset dan Konsultasi Coldwell Banker Indonesia, mengatakan lonjakan harga ini akibat dari tidak adanya suplai baru pada periode tersebut, sementara permintaan ada sekitar 210 hektare.

"Berdasarkan lini bisnisnya, penyerapan suplai lahan industri pada kuartal IV/2012 didominasi perusahaan di sektor farmasi, otomotif, elektronik, bahan bangunan, kertas, dan baja," ujarnya kepada Bisnis, Selasa (22/1/2013).

Hingga periode kuartal IV/2012, pasokan kumulatif lahan industri di wilayah Jakarta, Bogor, Bekasi, Karawang, dan Banten mencapai 12.066 hektare, dengan permintaan kumulatif 9.241 ha.

Meyriana menuturkan, sebenarnya seiring tingginya investasi asing di Indonesia, permintaan lahan industri secara keseluruhan diperkirakan tetap meningkat. Sektor otomotif merupakan salah satu yang akan menyerap lahan cukup luas.

"Toyota Motor kabarnya berencana meningkatkan investasinya di Indonesia, selain itu General Motor dan Peugoet juga akan membangun pabrik perakitan di Indonesia," jelasnya.  (ra)
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis :
Editor : Rustam-nonaktif

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper