Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

BANJIR JAKARTA: Menkop Serahkan Bantuan Kepada Korban

- Bisnis.com 19 Januari 2013  |  15:40 WIB
JAKARTA—Menteri Koperasi dan UKM Sjarifuddin Hasan menyerahkan bantuan berbagai keperluan bagi pengungsi korban banjir di dua lokasi, masing-masing di Kelurahan Bukit Duri, Jakarta Selatan dan Kelurahan Rawa Buaya, Jakarta Barat.
 
Bantuan yang diserahkan berupa 17 item keperluan korban banjir  sebanyak tiga truk lebih hasil sumbangan secara spontan dari karyawan dan pejabat instansi tersebut. Pagi hari Sjarifuddin Hasan menyerahkan bantuan sumbangan kepada mayasrakat di kawasan Bukit Duri, Jakarta Selatan.
 
 
Bantuan diserahkan melalui Yayasan Attahiriyah untuk diserahkan kepada korban banjir, dan secara simbolis diterima pengurus yayasan tersebut, HM Zahir. Sedangkan bantuan serupa diserahkan kepada masyarakat korban banjir di Pasar Sentral, Rawa Buaya, Cengkareng, Jakarta Barat, Sabtu (19/01).
 
Di lokasi tersebut, bantuan secara simbolis diserahkankepada Walikota Jakarta Barat, Burhanuddin. Meski korban banjir di lokasi tersebut terus berkurang, karena air semakin surut, namun Kantor Pasar Sentral yang dijadkan penampungan pengungsi, masih membutuhkan bantuan makanan dan keperluan lain.
 
”Saya minta ibu-ibu bersama keluarga dan anaknya supaya bersabar menghadapi situasi seperti ini. Semua ini pasti ada berkahnya, dan kami hanya bisa memberikan bantuan secukupnya,” npapar Sjarifuddin Hasan saat mengunjungi pengungsi di Kantor PAsar Sentral, Rawa Buaya.
 
Sebelumnya wilayah pasar tersebut juga sempat terendam air setinggi perut, namun pengungsi masih bisa bertahan pada lantai dua meski harus berjubel. Sjarifuddin Hasan bersama Istri Ingrid Kansil didampingi Burhanuddin meninjjau situasi kamar maupunruangan yang jadi penampungan.
 
Di kawasan tersebut juga terdapat beberapa pelaku usaha mikro dan kecil yang menjadi korban banjir, sehingga Menteri Koperasi dan UKM memberi perhatiankhusus. Pasar masih belum bisa menjalankan aktivitas secara normal.
 
Mulyani, satu dari ribuang pengungsi di kawasan RT 01 RW 03  Wilayah Rawa Buaya Kelurahan Cengkareng, mengemukakan dia bersama keluarga terpaksa mengungsi ke Kantor Pasar Sentral karena rumah di wiilayahnya terendam lebih dari satu meter.
 
”Mayoritas warga meninggalkan rumah, namun ada yang masih berjaga. Walau di kawasan ini berjubel, namun merupakan lokasi aman. Yang kami perlukan hanya kebutuhan makanan dan air yang sangat sulit didapatkan,” katanya.
 
Suanasana di penampungan memang agak rumit, karena selain setiap ruangan menjadi penuh sesak, juga diwarnai dengan aktivitas seperti di rumah sendiri. Bak penampungan air ditempatkan di luar ruangan, karena keburuhan air dari kran biasa tidak mampu memberi pasokan kepada seluruh pengungsi. (faa)

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Fahmi Achmad

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top