Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PELABUHAN SEMAYANG belum juga ditata ulang

BALIKPAPAN: Pemerintah Kota Balikpapan masih belum memutuskan penataan Pelabuhan Semayang pasca beralihnya kegiatan bongkar muat peti kemas dari pelabuhan tersebut ke Terminal Peti Kemas (TPK) Kariangau. Asisten Bidang Perekonomian, Pembangunan

BALIKPAPAN: Pemerintah Kota Balikpapan masih belum memutuskan penataan Pelabuhan Semayang pasca beralihnya kegiatan bongkar muat peti kemas dari pelabuhan tersebut ke Terminal Peti Kemas (TPK) Kariangau.
 
Asisten Bidang Perekonomian, Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat Setdakot Balikpapan Sri Soetantinah menyebutkan penggunaan pelabuhan tersebut yang pasti akan ditujukan untuk melayani kapal penumpang. Namun, untuk pengembangan teknis lebih lanjut dirinya masih belum mengetahui secara detail.
 
Dalam waktu dekat, pihaknya akan berkoordinasi dengan PT Pelindo IV (Persero) agar penataan kawasan tersebut berjalan sesuai rencana. Tantin menyebutkan sebelum 31 Januari 2013 akan sudah ada keputusan mengenai pengembangan di Pelabuhan Semayang.
 
“Kami meminta Pelindo IV untuk menggelar ekspose kembali, yang detail dan visibel untuk dilaksanakan,” ujarnya kepada wartawan, Jumat (18/01).
 
Sebelumnya, telah ada ekspose pembukaan dari PT Pelindo IV mengenai penataan kawasan Pelabuhan Semayang pasca beralihnya aktifitas peti kemas ke TPK Kariangau. Dalam ekspose tersebut disebutkan pengembangan pelabuhan menjadi kawasan bisnis terintegrasi kelautan.
 
Namun, Pemkot Balikpapan belum bisa sepenuhnya memperoleh gambaran mengenai rencana tersebut. Soetantinah berharap agar ekspose yang dilakukan ke depan bisa memberikan gambaran sesuai dengan kondisi riil serta peruntukan lahan yang akan digunakan untuk pengembangan pelabuhan.
 
Walikota Balikpapan Rizal Effendi mengatakan usulan pemanfaatan Pelabuhan Semayang sebelumnya direncanakan untuk kawasan wisata. Selain memanfaatkan areal terminal penumpang, hutan kota yang berada tepat di depan pelabuhan tersebut juga dimasukkan dalam rencana pengembangan tersebut.
 
“Konsepnya seperti membangun resort di Gunung Kemendur yang berlokasi di depan [Pelabuhan] Semayang itu. Namun, kami masih mempelajari termasuk peruntukan lahannya seperti apa,” katanya.
 
Kesibukan Pelabuhan Semayan tentu akan berkurang pasca dialihkannya operasional pelabuhan peti kemas ke Kariangau. Selama ini, kondisi pelabuhan diakuinya cukup padat karena dalam satu pelabuhan terdapat dua aktifitas yang berbeda.
 
Rizal mengakui masih belum mengambil sikap terkait rencana pengembangan tersebut karena banyak pertimbangan yang harus dipikirkan. Selain perlu mendapatkan masukan dari Pelindo sebagai pengelola pelabuhan, pihaknya juga perlu mempertimbangkan kondisi lingkungan di sekitar Pelabuhan Semayang sehingga tidak mengganggu aktifitas yang telah ada. (arh)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis :

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper