Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

BANJIR JAKARTA: Kementerian PU sebarkan 12 perahu karet untuk evakuasi

JAKARTA: Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane Kementerian Pekerjaan Umum menyebarkan 12 perahu karet dan puluhan pompa mobile di wilayah Jakarta dan Bekasi.
News Editor
News Editor - Bisnis.com 17 Januari 2013  |  23:56 WIB

JAKARTA: Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane Kementerian Pekerjaan Umum menyebarkan 12 perahu karet dan puluhan pompa mobile di wilayah Jakarta dan Bekasi.


Beberapa lokasi yang dibagi perahu karet antara lain Pengadegan, Gang Arus dekat Carefour MT. Haryono, Bidara Cina, Cililitan Kecil, Gudang Peluru, dan Kampung Sawah Cawang dan IKPN Bintaro.

“Saat ini ada 4 buah perahu karet yang tersisa, siap dikirimkan jika ada masyarakat yang meminta," ujar Kepala Balai Imam Santoso dalam rilis yang diterima Bisnis, Kamis (17/1/2013).

Selain perahu karet balai juga menyediakan 9 pompa mobile berkapasitas 2x80 liter per detik yang didistribusikan ke berbagai lokasi seperti Petamburan, Kalibata, Gudang Peluru.

Imam mengungkapkan pada hari ini terdapat 2 buah pompa dikirim ke Istana Negara untuk mengatasi genangan di sekitar wilayah tersebut.

Sementara 2 pompa sudah ditarik dari kawasan Giant Bekasi, Jalan Daan Mogot dan 1 pompa di Pejompongan. Pompa itu akan digunakan di tempat lain yang lebih membutuhkan.

Selain pompa mobile , Imam mengatakan balai telah mengirimkan pompa trailer yang memiliki kapasitas lebih besar yakni 400 liter per detik yang  telah ditempatkan di Ancol dan Rawa Badak. Lalu satu buah pompa berkapasitas 250 liter per detik juga ditempatkan di Komplek Deplu Bintaro.

“Bagi masyarakat yang membutuhkan, BBWSCC juga masih memilik 1 unit pompa berkapasitas 250 liter per detik dan 2 buah pompa dengan kapasitas 150 liter per detik,” ujarnya.

Hingga saat ini ia mengungkapkan ada 15 buah pompa stationer berkapasitas 200 liter per detik juga sudah tersebar ke berbagai lokasi yakni Perdatam Jakarta Selatan, H.Muhi Pondok Pinang, IKPN Bintaro, Priok Jaya Tangerang, Komplek Sekneg Tangerang, Ulujami, Wisma Tajur Ciledug, Pondok Arum Tangerang, Jl.R.A. Kartini Bekasi, Kemang IFI Bekasi, Pondok Gede Permai Bekasi dan Jatirasa Bekasi.

Selain pompa dan perahu karet Imam mengatakan pihak balai juga mengirimkan bronjong kawat berukuran 0,5x1x2 meter  sebanyak 250 buah ke Situ Pengarengan Depok dan Kelapa Dua. Selain itu sebanyak 450 buah bronjong kawat dan 1.000 karung pasir juga dikirim untuk penanganan darurat limpasan di Banjir Kanal Barat sepanjang kurang lebih 50 meter.

“6.000 karung pasir juga tersedia dimana 2.000 buah sudah dikirim masing-masing ke daerah irigasi Cisadane dan Bendung Bekasi,” katanya.

Selain itu sejak semalam, Satuan Kerja Penanganan Darurat Cipta Karya Kementerian PU juga telah mengirimkan 2 tangki air bersih ke posko banjir di Rumah Sakit Hermina, Jatinegara dan hari ini juga dikirimkan 2 buah toilet mobile ke posko tersebut. (arh)


 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Thomas Mola

Editor : Aprika Rani Hernanda

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top