Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PROYEK MRT: Tak ingin tertunda lama lagi, JOKOWI pastikan segera ambil keputusan

JAKARTA: Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo akan menyampaikan sikap Pemerintah Provinsi DKI Jakarta terkait proyek transportasi masal MRT. 
News Editor
News Editor - Bisnis.com 17 Januari 2013  |  02:58 WIB

JAKARTA: Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo akan menyampaikan sikap Pemerintah Provinsi DKI Jakarta terkait proyek transportasi masal MRT.
 

"Malam ini kita akan melakukan kalkulasi dan hitungan sehingga besok (17/1) diumumkan," ujar Jokowi kepada wartawan di Balai Kota sore ini, Rabu (16/1).


Jokowi mengatakan presentase yang diputuskan Menteri Koordinasi Perekonomian adalah  jalur Lebak Bulus sampai Hotel Indonesia yang  diterima terlebih dahulu. Sebab, pihaknya tidak ingin berlama-lama memutuskan hanya gara-gara presentase. Hal ini beralasan karena  MRT sudah 26 tahun direncanakan.


Sebelumnya Jokowi   mengadakan uji publik sebagai bentuk keterbukaan dan transparansi. Uji publik dimaksudkan untuk memperjelas proyek MRT dengan jalur Lebak Bulus-HI-Kampung Bandan tersebut.
 

Di antaranya biaya proyek, jatuh subsidi, dan harga tiketnya. Sehingga, masyarakat bisa mengetahui dan bisa mengkritisi.


Dalam pertemuannya dengan Wakil Presiden Boediono dimaksudkan untuk menginformasikan jalur MRT dari HI ke Kampung Bandan. Menurutnya, jalur tersebut tidak bisa digabung karena Detail Engineering Design (DED) belum ada. Sehingga, dia mengaku memulai negoisasi dari awal. Sebab, jika negoisasi di tengah merepotkan.


Seperti diketahui,  beban utang MRT telah ditetapkan oleh Kementerian Perekonomian dengan  kewajiban DKI sebesar 51% dari total nilai pinjaman anggaran. Sedangkan beban pemerintah pusat sebesar 49%. Angka itu, turun 7% dari perhitungan smeula dimana DKI bertanggung ajwab atas pengembalian 58% saham utang, dan Pemerintah Pusat sebesar 42%. (arh)



 
 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Emanuel Tome Hayon

Editor : Aprika Rani Hernanda

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top