Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

CUACA BURUK: Harga Ikan Asin Di Semarang Naik 100%

SEMARANG – Harga ikan asin di Kota Semarang naik 100% yang disebabkan oleh kurangnya hasil tangkapan nelayan setempat hingga 80% akibat cuaca buruk selama dua pekan ini.
News Editor
News Editor - Bisnis.com 16 Januari 2013  |  21:57 WIB

SEMARANG – Harga ikan asin di Kota Semarang naik 100% yang disebabkan oleh kurangnya hasil tangkapan nelayan setempat hingga 80% akibat cuaca buruk selama dua pekan ini.

Suratno, Ketua Kelompok Nelayan Mandiri Tambaklorok Tanjung Emas Semarang membenarkan sudah dua minggu terakhir sebagian besar nelayan di Tambaklorok Kota Semarang tidak bisa melaut akibat cuaca buruk.

“Demi keselamatan, kami tidak berani melaut karena ketinggian ombak dan angin yang sangat kencang berbahaya bagi kapal nelayan, paling sesekali menjala ikan disekitar kolam Pelabuhan Tanjung Emas, karena disitu ombaknya sudah tidak begitu tinggi,” tuturnya Rabu (16/1/2013).

Dia mengatakan akibat nelayan banyak yang tidak melaut maka pasokan ikan berkurang, karena selama ini 80% pasokan ikan laut di suplay dari Tambalorok.

“Namun demikian ini sedikit menjadi berkah bagi nelayan karena harga jual ikan naik 100% dari biasanya, akibat tingginya permintaan sementara pasokan terbatas, meskipun sebagian besar yang menikmati keuntungan ini adalah para bakul ikan,” tuturnya.

Dia mencontohlan harga ikan asin dari semula Rp15.000/kg naik menjadi Rp30.000/kg, kepiting laut biasanya Rp25.000/kg naik menjadi Rp50.000/kg, dan lain-lain.

“Namun demikian ini sedikit menjadi berkah bagi nelayan karena harga jual ikan naik 100% dari biasanya, akibat tingginya permintaan sementara pasokan terbatas, meskipun sebagian besar yang menikmati keuntungan ini adalah para bakul ikan,” tuturnya. (k39/dot)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Puput Ady Sukarno

Editor : Endot Brilliantono

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top