Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KRI MACAN TUTUL dibuat replika, TNI AL habiskan Rp3 miliar

JAKARTA: TNI Angkatan Laut membangun replika Kapal Perang RI (KRI) Matjan Tutul-602 senilai Rp3 miliar guna mendorong semangat prajurit dan menyebarkan semangat kemaritiman bagi masyarakat luas.Ini juga sebagai penghargaan dan penghormatan TNI

JAKARTA: TNI Angkatan Laut membangun replika Kapal Perang RI (KRI) Matjan Tutul-602 senilai Rp3 miliar guna mendorong semangat prajurit dan menyebarkan semangat kemaritiman bagi masyarakat luas.

"Ini juga sebagai penghargaan dan penghormatan TNI terhadap jasa pahlawan," jelas Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana Madya TNI Marsetio di Museum Satria Mandala Pusat Sejarah TNI Gatot Subroto, Jakarta, Selasa (15/1).

Seperti diketahui KRI Matjan Tutul-602 digunakan dalam pertempuran di Laut Aru 15 Januari 1962. Dikomandoi Komodor Jos Soedarso peristiwa itu sarat dengan nilai-nilai heroisme.

Dalam pertempuran melawan kapal perang Belanda itu, KRI Matjan Tutul-602 tenggelam dan Komodor Jos Soedarso gugur bersama sejumlah prajurit TNI AL lainnya.

Kasal menegaskan kisah kepahlawanan bisa mendorong semangat prajurit TNI AL sekaligus sebagai media belajar masyarakat umum. "Dapat mengilhami masyarakat luas untuk memahami pentingnya laut bagi bangsa ini, pentingnya visi kemaritiman dan turut membangkitkan semangat mewujudkan kejayaan bangsa Indonesia sebagai bangsa maritim yang besar,” tegas Kasal.

Museum Satria Mandala Pusat Sejarah TNI menyimpan koleksi benda sejarah TNI Angkatan Laut, Angkatan Darat, Angkatan Udara dan Polri.

Dalam acara peresmian itu juga dihadiri mantan Kasal Laksamana TNI Soeparno, komunitas museum, Legiun Veteran RI, pejabat Kemendikbud dan mantan anak buah KRI Matjan Tutul. (arh)


 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Sumber : Miftahul Ulum

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper