INSPIRASI KARIR: 4 cara dapat pekerjaan

JAKARTA--Dalam keadaan ekonomi sesulit apa pun, Anda pasti bisa mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan keinginan Anda. Rahasianya adalah, Anda harus tahu bagaimana cara bekerja dengan pintar, bukan hanya bekerja keras.
News Editor
News Editor - Bisnis.com 24 Desember 2012  |  04:10 WIB

JAKARTA--Dalam keadaan ekonomi sesulit apa pun, Anda pasti bisa mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan keinginan Anda. Rahasianya adalah, Anda harus tahu bagaimana cara bekerja dengan pintar, bukan hanya bekerja keras.

Berikut ini adalah beberapa tips dari Brian Tracy penulis buku Reinvention: How to Make the Rest of Your Life the Best of Your Life, untuk mendapatkan pekerjaan yang Anda inginkan.

Serius mencari kerja

Saat sedang menganggur, jangan beranggapan bahwa Anda sedang liburan. Sebaliknya, fokuslah pada proses pencarian kerja setiap harinya. Anda bisa mulai dengan memperbaiki resume dan cv, menghubungi teman-teman untuk info lowongan kerja, atau datangi perusahaan dan berikan langsung surat lamaran Anda.

Refleksi diri

Sebelum akhirnya memutuskan akan melamar pekerjaan di mana, tanyakan pada diri sendiri pekerjaan apa yang akan membuat Anda bahagia. Apa yang menjadi minat Anda, berapa ekspektasi gaji, dan hal-hal lainnya yang Anda inginkan dalam sebuah pekerjaan. Jika Anda mencari karir dan bukan sekadar pekerjaan, maka Anda sudah harus menentukannya sejak awal.

Kenali pasar

Bursa kerja juga tergantung pada hukum ekonomi tentang permintaan dan penawaran. Perubahan teknologi, perilaku konsumen, dan ekonomi negara juga akan mempengaruhi permintaan dalam sebuah bidang. Anda harus tahu apakah kemampuan, pengalaman, serta latar belakang pendidikan Anda memiliki kekuatan penawaran yang tinggi. Jika tidak, maka Anda harus melengkapi keahlian Anda agar sesuai dengan permintaan pasar.

Bersikap proaktif

Banyak pekerjaan yang tersedia justru tidak diiklankan. Mereka kadang tersembunyi dan menunggu untuk ditemukan. Karena itu, selain secara rutin mengecek situs lowongan pekerjaan, Anda juga harus bisa jeli dalam melihat lowongan pekerjaan dengan cara lain. Perluas networking Anda, kunjungi job fair, dan berkenalan dengan orang-orang baru bisa menjadi satu cara bagi Anda untuk menemukan lowongan pekerjaan. (Foto:bejotech.blogspot.com) (msb)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Andhina Wulandari/JIBI

Editor : Novita Sari Simamora

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top