KRISIS MESIR: Wapres & Gubernur Bank Sentral Mundur

News Editor
News Editor - Bisnis.com 23 Desember 2012  |  14:51 WIB

KAIRO--Wakil Presiden Mesir Mahmoud Mekki mengumumkan pengunduran dirinya pada saat negara itu sedang melaksanakan referendum terhadap konstitusi baru.

Pernyataan Mekki yang dibacakan di televisi pemerintah itu mengisyaratkan bahwa motif pengunduran dirinya terkait dengan kebijakan-kebijakan yang dibuat oleh Presiden Mohamed Mursi.

“Saya menyadari sifat alamiah politik yang tak pas dengan profesi saya yang terlahir sebagai hakim,” tulis Mekki seperti dikutip Al Jazeera, Minggu 23/12) dinihari.

Meskipun ia pertama kali mengajukan pengunduran dirinya pada bulan lalu, namun ia terpaksa tetap menjabat wapres. Mekki menjalankan peran kunci dalam pembahasan “persatuan nasional” yang dikehendaki Mursi, meskipun dijauhi oleh para politisi dari kubu oposisi.

Sementara itu, Gubernur Bank Sentral Mesir Faruq El-Okd juga dilaporkan mengundurkan, seperti dilaporkan televisi pemerintah, sebelum dibantah oleh salah seorang anggota kabinet.

Televisi pemerintah melaporkan  El-Okd yang memimpin Bank Sentral Mesir sejak 2003, akan digantikan bekas deputinya Hisham Ramez.

Ekonomi Mesir tengah dilanda kemunduran, yang bisa dilihat pada berkurangnya cadangan devisa dan investasi yang mengerut dalam dua tahun terakhir setelah demonstrasi menggulingkan Mubarak. (Reuters/if) (foto: presstv.com)

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : newswires

Editor : Wan Ulfa Nur Zuhra

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top