BENCANA ALAM: Gunung Lokon Kembali Meletus

JAKARTA-Gunung Lokon di Sulawesi Utara kembali meletus pada siang ini sekitar pukul 12.12 WITA. Bunyi letusan dirasakan sangat kuat, sehingga membuat warga sekitar gunung berapi itu terkejut, apalagi letusan setinggi 3 km itu menyemburkan material abu
Jessica Nova | 17 Desember 2012 13:42 WIB

JAKARTA-Gunung Lokon di Sulawesi Utara kembali meletus pada siang ini sekitar pukul 12.12 WITA. Bunyi letusan dirasakan sangat kuat, sehingga membuat warga sekitar gunung berapi itu terkejut, apalagi letusan setinggi 3 km itu menyemburkan material abu vulkanik.

Menurut Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), hasil erupsi itu mengarah ke wilayah Selatan sesuai dengan arah angin.

“Kondisi masyarakat setempat hingga saat ini tetap kondusif dan aktivitas tetap berlangsung normal,” ujarnya hari ini (17/12).

Dia menjelaskan hujan abu diperkirakan di tempat yang aman dan jauh dari Kota Tomohon. Status Gunung Lokon tetap dalam status siaga dengan radius bahaya 2,5 km.

Warga setempat diimbau tetap tenang dan sejak ditetapkan status Siaga pada 24 Juli 2011, Gunung Lokon meletus lebih dari 800 kali.

“Energi yang tersimpan diperkirakan masih besar, terlebih lagi dengan seringnya terjadi gempa bumi di sekitar Sulawesi Utara ikut berpengaruh pada aktivitas gunung itu,” ujarnya. (yus) 

Pantau terus perkembangan Real Count KPU Pilpres 2019, di sini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : David Eka Issetiabudi

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top
Tutup