Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PASAR RUMAH: Harga di AS capai level tertinggi

WASHINGTON—Pasar perumahan di Amerika Serikat mulai naik di level tertinggi dalam empat tahun terakhir di Oktober 2012, terutama pascabadai Sandy yang mengguncang kawasan Pantai Timur.
News Editor
News Editor - Bisnis.com 21 November 2012  |  10:38 WIB

WASHINGTON—Pasar perumahan di Amerika Serikat mulai naik di level tertinggi dalam empat tahun terakhir di Oktober 2012, terutama pascabadai Sandy yang mengguncang kawasan Pantai Timur.

Para ekonom di negara ini memperkirakan badai Sandy membebani biaya pembangunan gedung, termasuk perumahan pada November tahun ini, tapi dapat tumbuh kembali pada Desember mendatang.

Departemen Perdagangan Amerika Serikat mengatakan pembangunan sektor perumahan saat ini mulai meningkat 3,6% atau sekitar 894.000 unit, yang tertinggi sejak Juli 2008.

“Peningkatan dalam harga rumah, ekuitas rumah, dan kliring persediaan rumah menunjukkan posisi ekonomi yang akan tumbuh pada tahun depan, dan seterusnya,” ujar Eric Green, Kepala Ekonom di TD Securities di New York, Rabu (21/11/2012).

Pasar perumahan di Amerika Serikat berbalik, terutama pascabadai Sandy, yang belum pernah terjadi sejak resesi keuangan global beberapa waktu lalu.

Pemulihan itu ditandai dengan meningkatnya penjualan rumah, kenaikan harga dan aktivitas bangunan yang didorong oleh permintaan dan rekor KPR (kredit kepemilikan rumah) yang rendah.

Meskipun biaya konstruksi rumah hanya sekitar 2,5% dari Produk Domestik Brutto (PDB) negara ini, para ekonom memperkirakan untuk setiap rumah baru yang dibangun, setidaknya ada tiga pekerjaan baru diciptakan. (Reuters/tri/msb)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Newswire

Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top