Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

TANGKUBAN PERAHU WASPADA: Belum perlu evakuasi warga

BANDUNG: Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat menyatakan hingga saat ini belum perlu dilakukan proses evakuasi bagi warga di sekitar Gunung Tangkuban Perahu, terkait ditetapkan status waspada untuk gunung tersebut.Dan kalau perlu

BANDUNG: Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat menyatakan hingga saat ini belum perlu dilakukan proses evakuasi bagi warga di sekitar Gunung Tangkuban Perahu, terkait ditetapkan status waspada untuk gunung tersebut."Dan kalau perlu evakuasi, kita akan adakan evakuasi. Tapi sekarang belum perlu ada evakuasi, namun kita sudah menyiapkan untuk tempat evakuasi," kata Kepala BPBD Jawa Barat Udjawala Prana Sigit."Meskipun dalam status waspada, tapi kita yang harus berkonsentrasi penuh dalam status waspada ini. Jangan sampai pergerakannya terus menerus, sampai ke level siaga dan awas. Yang perlu kita waspadai itu," kata dia.Dikatakannya, jalur evakuasi di Gunung Tangkuban Perahu akan menggunakan jalan utama yang ada."Yang jelas, lokasinya itu, jalan utama yang kita pakai. Jadi tidak ada pergerakan yang naik ke atas. Jadi kita tutup," kata dia.Ia menuturkan, yang perlu disiapkan oleh BPBD Jabar saat ini adalah zona evakuasi, jalur evakuasi, latihan evakuasi, peralatan evakuasi.Untuk pemantauan sendiri, lanjut Sigit, BPBD Jabar setiap dua atau tiga jam sekali melakukan pemantauan terhadap Gunung Tangkuban Perahu."Semua kita pantau dengan baik antara pemantauan di lapangan dengan pusdalops kami. Kami pantau 24 jam, sehingga pergerakannya selama 24 jam dan menit ke menit itu terlihat," ujarnya.Terkait masih dijumpainya sejumlah orang yang nekad mendekati kawah Gunung Tangkuban Perahu, BPBD Jabar, kata Sigit akan terus melakukan sosialiasi kepada masyarakat."Kita akan berbicara dengan teman-teman, para pedagang, terkait status waspada ini," katanya.(ANTARA/api)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper