Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KELANGKAAN BBM: Pertamina klaim ada lonjakan permintaan di Batam

 

 

BATAM: PT Pertamina Region I Wilayah Kepulauan Riau mengklaim melonjaknya permintaan bahan bakar Premium dan Solar di Batam menjadi penyebab langkanya dua bahan bakar itu sejak kemarin.
 
Sales Area Manager Retail PT Pertamina Region I Kepri I Ketut Permadi mengatakan berdasarkan laporan dari 28 SPBU yang ada di Batam menyampaikan lonjakan permintaan itu terjadi sejak beberapa minggu terakhir, sementara Pertamina tidak pernah memutus pasokan dalam kurun waktu itu.
 
"Laporan dari pihak SPBU terjadi lonjakan permintaan beberapa minggu terakhir, Jadi ini terus terang kami sedang mengecek ke lapangan karena sebenarnya tidak ada kami mengurangi pasokan, sama seperti sebelum-sebelumnya," tegasnya hari ini Senin 14 Mei 2012.
 
Menurutnya, kelangkaan bahan bakar jenis Solar dan Premiun terjadi di sejumlah SPBU sejak kemarin, Minggu 13 Mei. 
 
Kelangkaan juga tetap berlanjut hingga Senin pagi sehingga beberapa SPBU, beberapa diantaranya SPBU KDA dan SPBU Batam Center mengalami antrian panjang dan menyebabkan kemacetan.
 
Ia menuturkan, sejak pagi ini Tim Pertamina sedang mengecek kondisi kelangkaan ini untuk dapat mengidentifikasi penyebab kelangkaan.
 
"Laporan beberapa minggu terakhir ini permintaan diatas normal, satu hari dipasok langsung habis. Untuk hari ini, sudah kami lihat, kami minta depot agar suplai solar dipercepat," tambahnya.
 
Solus lain, ia mengatakan saat ini Pertamina tidak memiliki opsi lagi untuk menambah jumlah pasokan dari biasanya. Setiap bulan pertamina hanya bisa memasok jumlah yang sama sejak awal tahun yakni 5400 kiloliter untuk setiap bulan.
 
Penambahan pasokan tidak bisa dilakukan karena Pertamina harus menyesuaikan kuota BBM tahun 2012 mencukupi hingga akhir tahun.
 
Namun, untuk membantu pengawasan pembelian BBM yang diduga ada penyimpangan, Pertamina meminta pihak kepolisian membantu pengawasan di SPBU.
 
"Kami minta bantuan pihak aparat, kalau ada melihat penyimpangan," ujarnya.(sut)
 
 
 
 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor : Sutarno
Sumber : Chandra Gunawan

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper