Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

JELANG HARI RAYA: Arus mudik diproyeksi kian padat

BANDUNG: Kementerian Perhubungan memprediksi arus mudik-balik lebaran 2012 akan mengalami kepadatan dibanding tahun lalu. Hal ini dipicu jumlah sepeda motor dan mobil pribadi yang diprediksi naik.Kasubdit Angkutan Jalan Kementerian Perhubungan Ahmadi

BANDUNG: Kementerian Perhubungan memprediksi arus mudik-balik lebaran 2012 akan mengalami kepadatan dibanding tahun lalu. Hal ini dipicu jumlah sepeda motor dan mobil pribadi yang diprediksi naik.Kasubdit Angkutan Jalan Kementerian Perhubungan Ahmadi Z.B. mengatakan pihaknya memperkirakan puncak arus mudik akan terjadi pada H-3 dan H-2.“Cuti bersama akan diberlakukan pada Jumat 23 Agustus, dekat dengan hari libur lebaran,” katanya saat mengikuti Rapat Kordinasi Pembahasan Masalah Lalu Lintas dan Hasil Survei Terpadu Jalur Lebaran 2012 di Bandung, hari ini.Kementerian memprediksi jumlah kendaraan akan meningkat dibanding tahun lalu. Untuk sepeda motor, diprediksi akan meningkat menjadi 2,51 juta atau 11,47% dibanding 2011 yang berjumlah kurang lebih 2,37 juta. “Sedangkan mobil pribadi diprediksi meningkat 5,60% dari 1,52 juta tahun lalu menjadi 1,605 juta,” katanya.Jumlah ini menurutnya memungkinkan kembali terjadinya kemacetan di beberapa ruas arus mudik. Angka kendaraan bermotor menurutnya akan berhadapan dengan sejumlah permasalahan lapangan. Pasar tumpah di ruas jalan utama Jawa Barat dan Jawa Tengah misalnya yang tercatat masih tinggi.“Terdapat 88 pasar tumpah di ruas jalan utama, yang diantaranya berpotensi menimbulkan kemacetan,” katanya.Selain itu ada titik lokasi sumbangan pembangunan tempat ibadah yang menggunakan badan jalan sehingga laju kendaraan bisa terhambat.Pembangunan prasarana yang pada masa lebaran belum dapat selesai pun menurutnya bisa menyebabkan kemacetan, seperti pembangunan by-pass Lampung, pembangunan fly over Kalibanteng di Pantura, sampai pembangunan break water dan dermaga pada lintas penyeberangan Merak-Bakauheni. (k57/arh)

 

 

 + JANGAN LEWATKAN:

> 10 ARTIKEL PILIHAN Hari Ini

> 5 Kanal TERPOPULER Bisnis.com

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Sumber : JIBI

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper