Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

ISTANA: Kunjungan Kim Yong Nam tak ganggu hubungan RI-Korsel

 

 

JAKARTA: Istana Presiden menyakini kunjungan petinggi Korea Utara Kim Yong Nam ke Jakarta tidak akan menganggu hubungan persahabatan dengan Korea Selatan.
 
Jurubicara Presiden Julian Aldrin Pasha mengatakan hubungan baik dengan Korut dan Korsel akan terjaga dengan  baik sehingga tidak akan terganggu oleh kedatangan Presiden Presidium Majelis Rakyat Tertinggi Korut Kim Yong Nam  dijadwalkan tiba pada 13 Mei untuk lawatannya hingga 16 Mei ini.
 
Korut dan Korsel, dua negara bertetangga dan sesungguhnya serumpun itu masih terlibat suasana perang dingin sampai saat ini. Bahkan tidak jarang terjadi letupan fisik berupa konfrontasi terbatas antar angkatan bersenjata mereka.
 
Sebelumnya, Staf khusus Presiden bidang Hubungan Luar Negeri Teuku Faizasyah mengatakan kedatangan orang paling berpengaruh dan menjadi pejabat tertinggi kedua dari Korut itu atas undangan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.
 
"Indonesia dan Korut memiliki hubungan bilateral yang baik sejak dibukanya hubungan diplomatik secara resmi pada 1961. Kunjungan ini dalam rangka memenuhi undangan Presiden," ujarnya.
 
Kim Yong Nam yang lahir pada 4 Februari 1928 adalah seorang politikus senior Korea Utara yang menjabat sebagai Ketua Presidium Majelis Rakyat Agung sejak 5 September 1998.
 
Oleh karena posisi tersebut merangkap sebagai Duta Besar, Kim Yong Nam juga dapat dipandang sebagai kepala negara secara de facto.
 
Pejabat yang paling dipercaya oleh Kim Jong Il, Presdien Korut sebelumnya, kemudian kini mendampingi putranya, Kim Jong Un yang kini menjadi Presiden Korut. (sut) 
 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis :
Editor : Sutarno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper