Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

TIM OLIMPIADE KOMPUTER Bisa Masuk IPB Tanpa Tes

BOGOR: Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan IPB, Prof. Yonny Koesmaryono menyatakan peraih medali emas dalam Olimpiade Sains Nasional (OSN) diperbolehkan menjadi mahasiswa IPB tanpa tes melalui jalur Prestasi  Internasional Nasional (PIN).
Inria Zulfikar
Inria Zulfikar - Bisnis.com 03 Maret 2012  |  19:48 WIB

BOGOR: Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan IPB, Prof. Yonny Koesmaryono menyatakan peraih medali emas dalam Olimpiade Sains Nasional (OSN) diperbolehkan menjadi mahasiswa IPB tanpa tes melalui jalur Prestasi  Internasional Nasional (PIN).

 
Hal itu dilaksanakan sebagai bentuk apresiasi terhadap siswa berprestasi.“Saya berharap siswa yang berbakat mau melanjutkan studi di IPB dan bekerja bersama-sama membangun negeri kita,” katanya hari ini.
 
Institut Pertanian Bogor (IPB) menjadi tuan  rumah  Pembinaan Khusus Tahap Kedua Tim Olimpiade Komputer Indonesia (TOKI) hingga awal Maret 2012. 
 
“Pembinaan TOKI ini dalam rangka mempersiapkan peserta yang akan mengikuti International Olympiad in Informatics (IOI) di Milan, Italia pada September mendatang,” ungkap TOKI Biro IPB Ir.Julio Adisantoso.
 
Pembinaan TOKI yang diselenggarakan oleh Direktorat Pembinaan SMA, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI  ini bertempat di Kampus IPB Baranangsiang dan melibatkan pengajar dan alumni TOKI dari Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Banduang (ITB), Universitas Gajah Mada (UGM), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) dan IPB, serta Nanyang Technology University (NTU) Singapura.
 
Untuk mempersiapkan peserta yang akan mewakili Indonesia dalam ajang IOI, Indonesia melakukan penjaringan peserta dari kalangan siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) dengan sistem bertahap dimulai dari perlombaan tingkat kabupaten yang disebut Olimpiade Sains Kabupaten/Kota (OSK). 
 
Dari setiap kabupaten diambil sedikitnya dua siswa terbaik yang akan diikutkan pada Olimpiade Sains Provinsi (OSP), yang selanjutnya dari seluruh Provinsi dipilih 100 siswa untuk mengikuti Olimpiade Sains Nasional (OSN). Nantinya dari sekitar seratus peserta dipilih 30  terbaik. 
 
“Sebanyak 30 pemenang tingkat nasional ini mendapatkan penghargaan lima  medali emas, sepuluh medali perak dan 15 medali perunggu. Mereka kemudian diikutkan dalam pembinaan TOKI tahap I yang diselenggarakan di Institut Teknologi Bandung (ITB) dan diseleksi menjadi 16 besar,” kata Julio. 
 
Ke-16 peserta terbaik inilah yang saat ini mengikuti pembinaan TOKI di IPB  dan akan terpilih delapan peserta terbaik.  Selanjutnya delapan peserta terbaik  tersebut diseleksi lagi menjadi empat terbaik. Merekalah yang kemudian menjadi wakil Indonesia mengikuti IOI.
 
Ketua Departemen Ilmu Komputer, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) IPB  Dr. Ir. Agus Buono, M.Si. M.Kom menyatakan apresiasinya karena IPB dipercaya menjadi tuan rumah Pelatihan Pembinaan TOKI 2012 tahap kedua. 
 
“Ini menunjukkan meski terbilang masih muda, namun kualitas Jurusan Ilmu Komputer IPB  diakui di level nasional dan setara dengan Jurusan Ilmu Komputer di UI, ITS , UGM dan ITB,” ujarnya. (sut)

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Sutarno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top